Laporkan Masalah

Dinamika Pelayanan Perjalanan Grup Kuliah Lapangan di Panembahan Tour Organizer Yogyakarta

MONICA RISNA PUTRI A, Dr. Pitaya, S.E.T., MSc. C.H.E

2021 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Yogyakarta merupakan kota pelajar, hal ini didukung oleh terdapat banyak universitas atau sekolah tinggi di provinsi ini. Universitas di Yogyakarta jika dilihat dari segi kelayakan seluruhnya memiliki fasilitas yang layak, hal ini dapat mendukung kegiatan belajar mengajar sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten. Dalam upaya pengembangan sumber daya manusia yang kompeten, maka diperlukan beberapa kegiatan pendukung salah satunya kuliah lapangan. dimana kegiatan ini dapat menjadi sarana mahasiswa untuk memiliki pengalaman dalam mengenal dunia kerja, serta menambah wawasan baru. Pada penangannya diperlukan pihak profesional yaitu biro perjalanan wisata sehingga perjalanan dapat berjalan dengan maksimal. Selama menagani perjalanan kuliah lapangan Panembahan Tour Organizer mengalami berbagai dinamika, sehingga memerlukan strategi sehingga dapat mempertahankan serta meningkatkan kualitas pelayanan. Tujuan diangkatnya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelayanan dalam menangani perjalanan kuliah lapangan serta strategi Panembahan Tour Organizer dalam mempertahankan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode observasi partisipan, dokumentasi, serta wawancara. Penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelayanan terdapat tiga tahap yaitu pra perjalanan, pelaksanaan, serta paska perjalanan. Pelayanan yang dilakukan oleh Panembahan Tour Organizer sudah cukup baik karena memperhatikan setiap tahap. Serta strategi yang dilakukan adalah dengan melakukan secara berkala evaluasi dalam mempertahankan peningkatan kualitas baik dalam produk, internal, maupun eksternal perusahaan.

Yogyakarta is a student city supported by many universities and high schools existed in the province. According to the expediency of universities in Yogyakarta is that they all have decent facilities. This matter can support the teaching and learning activities, therefore it can produce many competent graduates. As the effort to develop competent human resources, several supporting activities are needed, one of which is field lectures where this activity can be a media for students to have experience in getting to know the world of work, as well as obtaining new insights. In handling the sector, it is required professional travel agency that is a tour agency so that the trip can run to the maximum. During the course of field lectures Panembahan Tour Organizer, which obtain various dynamics experience, it requires a strategy so as to maintain and improve the quality of service. The purpose of this research was to find out how the service in handling field lecture trips as well as Panembahan Tour Organizer strategy in maintaining the quality of service. This study used participants' observation methods, documentation, and interviews. This research shows that there are three stages in service, namely pre-travel, implementation, and post-trip. The service performed by Panembahan Tour Organizer is good enough because it pays attention to each stage. As well as the implemented strategy to conduct periodic evaluations in maintaining quality improvement in the product, internal, and external companies.

Kata Kunci : Perjalanan Kuliah Lapangan, Wisata Ilmu, Strategi Menjaga Kualitas Perjalanan, Panembahan Tour Organizer, Wisata Minat Khusus, Biro Perjalanan Wisata.

  1. D3-2021-431787-abstract.pdf  
  2. D3-2021-431787-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-431787-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-431787-title.pdf