Laporkan Masalah

Penataan Berkas Kepegawaian Di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Cirebon

SHILVY DWI DAMAYANTI, Faizatush Sholikhah, M.A.

2021 | Tugas Akhir | D3 KEARSIPAN

Tugas Akhir ini menjelaskan tentang penataan berkas kepegawaian di BKPPD (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah) Kota Cirebon. Latar belakang penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses penataan berkas kepegawaian agar penemuan kembali arsip mudah untuk ditemukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memahami proses penataan berkas kepegawaian, mengetahui sarana dan prasarana yang digunakan dan mengetahui kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini yaitu metode observasi partisipatif, wawancara, dan studi pustaka. Observasi partisipatif yaitu peneliti terlibat secara langsung dalam proses penataan berkas kepegawaian selama Praktik Kerja Lapangan. Wawancara yaitu melakukan wawancara secara langsung kepada narasumber yang menanyakan mengenai penataan berkas kepegawaian. Metode studi pustaka yaitu pengumpulan data dari buku, jurnal, peraturan hukum, artikel, dan catatan yang sesuai dengan tema penelitian. Kesimpulan dari tugas akhir ini adalah proses penataan berkas kepegawaian yang dilakukan oleh BKPPD Kota Cirebon berpedoman pada PERKA BKN No 18 tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Tata Naskah Kepegawaian Negeri Sipil dan telah dilaksanakan dengan baik mulai dari verifikasi dokumen, validasi dokumen, penempelan label pada masing-masing map arsip beserta lemari penyimpanan, dan memasukkan map arsip atau boks arsip pada lemari penyimpanan. Sarana dan prasarana yang digunakan yaitu map kepegawaian, map bening, boks file, komputer, roll o�pack, ruang penyimpanan, printer, dan alat tulis kantor. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala yang dihadapi diantaranya kurangnya sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang kurang, serta anggaran dana belum tercukupi.

This final project discusess about the arrangement of personnel file in BKPPD (Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan Daerah) Kota Cirebon. The background of this research is to find out process arrangement personnel file to facilitate the discovery of records. The purpose of the research is know process of the arrangement of personnel file, facilities and infrastructure, and the obstacles faced by the BKPPD Kota Cirebon in the arrangement of personnel file. The metods that used in collecting data are parcipatory observation, interview, and study literature. Parcipatory observation is researcher directly observing in process of arrangement personnel file during the Field Work Practice. Interviews, namely conducting interviews directly with sources who ask about arrangement personnel file. Literature study is a technique of collecting data by conducting research on books, journals, legal regulations, and article that are relevant to arrangement personnel file. The conclusion of this final project are the arrangement of personnel file in BKPPD Kota Cirebon regulatory guidelines with PERKA BKN No 18 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pengelolaan Tata Naskah Kepegawaian Negeri Sipil and has been excuted well start from document verification, document validation, labeling file folders and storage cabinets, and arrangement of files into storage cabinets. The facilities and infrastructure used are folder, box file, computer, roll o�pack, storage space, printer, and office stationery. However, there are several obstacle faced by the BKPPD Kota Cirebon for the arrangement of personnel file including the inadequate human resources, inadequate infrastructure, and insufficient budget.

Kata Kunci : Penataan Berkas, Arsip Dinamis Aktif, Berkas Kepegawaian

  1. D3-2021-425908- abstract.pdf  
  2. D3-2021-425908-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-425908-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-425908-title.pdf