Laporkan Masalah

EVALUASI PENGELOLAAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK PADA KANTOR PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (PPSDM) KEMENTERIAN DALAM NEGERI REGIONAL YOGYAKARTA TAHUN 2017-2020

AYU TRI HAPSARI, Ihda Arifin Faiz, SE., M.Sc., CMA., CIBA., CHRA.

2021 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi pengelolaan PNBP pada Kantor PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta pada tahun 2017-2020. Topik ini penting dilakukan karena sebelumnya belum pernah diangkat dan berkontibusi penting terhadap pengelolaan PNBP pada Kantor PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan terkait pengelolaan PNBP telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai patuh dengan peraturan yang ada. Pelaksanaan pengelolaan berpedoman pada Undang-Undang No 5 Tahun 2018 sebagai bentuk parameter panduan pengelolaan PNBP mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban dan pelaporan. Dalam setiap pengelolaan aktivitas pasti terdapat hambatan yang menyebabkan ketidakmaksimalan pengelolaan, maka dari itu diperlukan evaluasi internal terkait SDM yang diperlukan dalam rangka memperbaiki maupun melanjutkan kebijakan dan langkah-langkah yang mendukung peningkatan realisasi PNBP. Tingkat efektivitas realisasi penerimaan PNBP termasuk ke dalam kategori sangat efektif dengan rata-rata penerimaan 103.65% dari target tiap tahunnya. Kontribusi PNBP terhadap APBN menunjukkan kategori cukup dengan persentase kisaran 27.5%.

This study aims to analyze and evaluate the management of PNBP at the PPSDM Office of the Yogyakarta Regional Ministry of Trade 2017-2020. This topic is important because it has never been raised before and it is important to contribute to the management of PNBP at the PPSDM Office of the Yogyakarta Regional Ministry of Trade. The method used in this study is qualitative method with case study approach. Data collection techniques are conducted through interviews and documentation studies. Based on the results of analysis and discussion related to the management of PNBP has been implemented properly and in accordance with existing regulations. The implementation of management is guided by Law No. 5 of 2018 as a form of parameters guiding the management of PNBP ranging from planning, implementation to accountability and reporting. In every activity management there must be obstacles that cause the impropriety of management, therefore an internal evaluation related to human resources is required in order to improve and continue policies and measures that support the improvement of pnbp realization. The effectiveness of the realization of PNBP acceptance falls into the category of highly effective with an average receipt of 103.65% of the target each year. Pnbp contribution to the state budget shows a sufficient category with a percentage range of 27.5%.

Kata Kunci : APBN, PNBP, Pengelolaan, Evaluasi

  1. D3-2021-425752-abstract.pdf  
  2. D3-2021-425752-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-425752-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-425752-title.pdf