Proses Komunikasi Interpersonal Homoseksualitas Gay dalam Membangun Relasi Keintiman melalui Media Sosial
MELA ANISA, Dr. Muhamad Sulhan, S.IP., M.Si.
2021 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIPenggunaan New Media merupakan hal yang cukup penting bagi kaum homoseksual dalam bersosialisasi, berkomunikasi, serta membangun hubungan atau relasi keintiman. Dalam penelitian ini memfokuskan kepada salah satu kelompok dari kaum homoseksual yaitu Gay. Hubungan yang tercipta pada pasangan gay cukup beragam mulai dari pertemanan, hubungan percintaan, bahkan hanya sebatas partner seks tanpa adanya ikatan percintaan. Bentuk-bentuk relasi keintiman dalam penelitian ini ditinjau dalam teori cinta dari Sternberg yang membagi bentuk cinta berdasarkan komponen komitmen, gairah, dan keintiman. Relasi keintiman ini tentunya tidak bisa terjadi tanpa adanya proses komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal pada penelitian ini melihat tahapan hubungan interpersonal dalam relasi keintiman pasangan gay yaitu Coming Together dan Coming Apart. Selain itu ada pula hambatan dalam komunikasi serta faktor penting yang menyukseskan hubungan interpersonal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dan memilih empat orang gay yang masing-masing dari mereka memiliki pasangan dengan status hubungan yang berbeda-beda. Peneliti melakukan wawancara online secara semi struktur dengan menggunakan media komunikasi Whatsapp dengan fitur Voice Note. Untuk memvalidasi dan menjaga agar penelitian ini tetap objektif maka dilakukan triangulasi data, teori dan sumber. Terdapat beberapa hasil dari penelitian, tiga poin utama dari hasil analisis penelitian ini sebagai berikut: (1) Proses komunikasi interpersonal pasangan gay yang membentuk jenis relasi berbeda-beda, berlandaskan pada teori cinta Sternberg yang membagi bentuk cinta menjadi delapan macam. Jenis relasi yang tercipta diantaranya adalah Liking, Romantic Love, dan Infatuation Love; (2) Hambatan dalam komunikasi interpersonal masing-masing pasangan pun beragam yaitu terjadinya Hambatan Psikologis, Hambatan Teknis, dan Hambatan Semantik; (3) Motif pemilihan media bagi informan pun beragam sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.
The use of New Media is quite important for the homosexuals in socializing, communicating, and building intimate relationships. The focus in this study is on one group of homosexuals, namely Gay. Relationships that are created in gay couples are quite diverse, ranging from friendships, love relationships, even only as sexual partners without any love bonds. The forms of intimacy relations in this study are reviewed in Sternberg's theory of love, which divides forms of love based on components of commitment, passion, and intimacy. Indeed, this intimacy relationship can not happen without the interpersonal communication process. Interpersonal communication in this study looked at the stages of interpersonal relationships in the intimacy relationship of gay couples, namely Coming Together and Coming Apart. In addition, there are also obstacles in communication as well as important factors that make interpersonal relationships become successful. This is a qualitative research using case study method and having four gay people which each of whom has different relationship status with different partner. Researcher performed semi structured online interview using Whatsapp with its voice note as the communication media. To validate and keep this research objective, objective, theory and sources where triangulated. There are several results from this research, the the main points from the study are: (1) The interpersonal communication process of gay couple form different types of relationship, according to Stenberg�¢ï¿½ï¿½s theory of love which devides love into eight types. The types of relation that formed are Liking, Romantic Love and Infatuation Love; (2) The obstacles to interpresonal communications for each partner also vary, namely Psychological Noise, Technical Noise, and Semantic Noise; (3) The motives of selecting the media for informant also vary according to their personal needs.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Pasangan Gay, Keintiman, Media Baru