Laporkan Masalah

Model Bisnis Platform HiBeauty: Perantara Konsumen Perawatan Kulit dengan Penasihat Kecantikan

DANANG DWI CAHYADI, Prof. Nurul Indarti, Sivilokonom, Cand Merc, Ph.D

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Saat ini industri yang bergerak pada teknologi sedang mengalami peningkatan, salah satunya adalah platform. Platform merupakan model bisnis yang menciptakan nilai dengan memfasilitasi transaksi antara dua kelompok konsumen atau lebih, dimana kedua kelompok tersebut saling bergantung sama lain. Tujuan dibentuknya platform adalah memudahkan kedua kelompok konsumen agar dapat saling bertukar nilai satu sama lain. Pembentukan ide platform HiBeauty karena kendala yang dihadapi kedua kelompok konsumen. Konsumen produk perawatan kulit yang kesulitan mencari informasi produk perawatan kulit yang cocok di media daring. Penasihat kecantikan yang jasanya tidak diterapkan di media daring dan berbagai kesulitan karena pandemi. Hasil pengumpulan data dijelaskan melalui pendekatan peta empati dan kanvas model bisnis. Kelayakan ekonomi platform HiBeauty berdasarkan perhitungan NPV (Net Present Value) sebesar Rp 82.865.842,-, IRR (Internal Rate of Return) sebesar 46%, dan PP (Payback Period) selama 2 tahun 1 bulan. Nilai postif dari ekonomi, menyimpulkan bahwa platform HiBeauty layak untuk dijalankan.

Technology-based industries are showing good growth recently, for example, a platform. The value creation of the platform is through facilitating two or more groups of people who depend on each other. The goal of the platform is to simplify and make an easier value exchange process for both groups of consumers. The reason behind HiBeauty platform was established is because both groups of consumers were facing the same problem. At first, the consumers of skincare products were having the hardship to find related information about the skincare product online, on the other hand, the beauty advisors are not yet available for online advisory and experiencing difficulties due to the pandemic. The data collection result is shown and explained through an empathy map approach and a business model canvas. As a result, the economic feasibility of the HiBeauty platform, based on the NPV (Net Present Value) calculation, is Rp 82.865.842,-, the IRR (Internal Rate of Return) is 46%, and PP (Payback Period) for 2 years and 1 month. The positive value from the economic side, indicates that HiBeauty platform is feasible to run.

Kata Kunci : platform HiBeauty, kanvas model bisnis, peta empati, perawatan kulit, penasihat kecantikan.

  1. S2-2021-447559-abstract.pdf  
  2. S2-2021-447559-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-447559-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-447559-title.pdf