Laporkan Masalah

ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING USER SATISFACTION IN THE HOSPITAL BILLING SYSTEM Case Study: Outpatient Department Billing System in Rumah Sakit Medika Dramaga

ENRICO ENAWAN PUTRA, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.

2021 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menilai keberhasilan penerapan sistem informasi pada billing system departemen rawat jalan di Rumah Sakit Medika Dramaga. Penelitian ini mengevaluasi billing system dalam hal kepuasan pengguna dengan menggunakan indikator kinerja, informasi, ekonomi, kontrol, efisiensi, dan layanan dari kerangka PIECES. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada seluruh staf medis yang beroperasi di departemen rawat jalan Rumah Sakit Medika Dramaga. Dari kuesioner yang telah dibagikan, terdapat 113 kuesioner yang dapat diolah dan dianalisis lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan Partial Least Square (PLS), dan analisis data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas yang berpengaruh positif dalam mempengaruhi kepuasan pengguna adalah kinerja, informasi, kontrol, efisiensi, dan pelayanan. Di sisi lain, hasil ini menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna yang disebabkan oleh indikator ekonomi.

This research aims to assess the success of the implementation of the information system in the outpatient department billing system at Rumah Sakit Medika Dramaga. This research evaluates the billing system in regard to user satisfaction using the performance, information, economics, control, efficiency, and service indicators of the PIECES framework. Data collection method was carried out by distributing online questionnaires to all medical staff operating in the outpatient department of Rumah Sakit Medika Dramaga. From the questionnaires that have been distributed, there are 113 questionnaires that can be processed and analyzed further. This research used Structural Equation Model (SEM) with Partial Least Square (PLS), and the data analysis was conducted using SmartPLS. The results showed that the independent variables that have a positive impact in affecting user satisfaction are performance, information, control, efficiency, and service. On the other hand, this result shows no significant effect to the user satisfaction caused by economic indicators.

Kata Kunci : Information system, Billing system, Hospital, PIECES, User satisfaction, SEM-PLS

  1. S1-2021-395936-abstract.pdf  
  2. S1-2021-395936-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-395936-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-395936-title.pdf