Laporkan Masalah

PENGARUH ADOPSI RANTAI PASOKAN HALAL TERHADAP KINERJA RANTAI PASOKAN HALAL: STUDI PADA SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

AZMI MUHAMMAD ISLAM, Prof. Nurul Indarti Siviekonom, Cand., Merc., Ph.D

2021 | Tesis | MAGISTER SAINS MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh adopsi rantai pasokan halal terhadap kinerja rantai pasokan halal pada sektor makanan dan minuman. Tujuan berikutnya adalah untuk mengidentifikasi perbedaan dan kesamaan persepsi dari adopsi rantai pasokan halal diantara pengadopsi baru dan pengadopsi lama. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada perusahaan-perusahaan sektor makanan dan minuman yang telah mendapatkan Sertifikat Halal dan terdaftar di data Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah melakukan penyaringan sampel, 135 perusahaan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pengujian. Temuan penelitian ini mengkonfirmasi teori adopsi inovasi terkait dengan proses perusahaan dan pilihan yang diambilnya untuk menerima atau menolak inovasi. Secara empiris, adopsi rantai pasokan halal berpengaruh signifikan terhadap kinerja rantai pasokan halal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingginya tingkat kesesuaian dan citra merupakan manfaat yang dirasakan oleh mayoritas pemilik dan manajer perusahaan setelah mengadopsi rantai pasokan halal walaupun tidak mendapatkan keunggulan relatif yang tinggi. Penelitian ini menggunakan uji t untuk mengidentifikasi perbedaan persepsi yang dirasakan oleh pengadopsi baru dan pengadopsi lama setelah mengadopsi rantai pasokan halal. Hasil rekapitulasi uji t berhasil mengidentifikasi temuan bahwa terdapat perbedaan ketika pengadopsi baru dan pengadopsi lama mempersepsikan rantai pasokan halal yang dilihat dari kemudahan penggunaan, keteramatan hasil, citra, dan kesukarelaan. Adapun keunggulan relatif, kesesuaian, dapat diuji coba, dan visibilitas merupakan empat dimensi lainnya yang dipersepsikan sama oleh pengadopsi baru dan pengadopsi lama setelah mengadopsi rantai pasokan halal. Penelitian ini memberikan arahan untuk penelitian selanjutnya agar dapat dilakukakannya penelitian serupa pada lokasi penelitian dan sektor industri yang berbeda, serta jumlah sampel yang lebih besar. Hal ini dimaksudkan agar penelitian selanjutnya dapat menangkap pengaruh yang berbeda dan hasil analisis yang lebih kuat pada konteks penelitian adopsi rantai pasokan halal dan kinerja rantai pasokan halal. Penelitian ini juga memberikan saran agar dilakukannya studi perbandingan antar sektor industri halal untuk melihat perbedaan dan persamaan persepsi mereka terkait rantai pasok halal yang diadopsi.

This study aims to analyze the effect of adoption of halal supply chain on halal supply chain performance in the food and beverage sector. This study also identify the differences and similarities in perceptions of the adoption of halal supply chain between new adopters and old adopters. Data collection was carried out by distributing questionnaires to food and beverage sector companies that had obtained a Halal Certificate and were registered in the data of the Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Daerah Istimewa Yogyakarta. After screening the samples, 135 companies were declared fit for use in the testing process. The findings of this study confirm the theory of innovation adoption related to the firm's processes and the choices it makes to accept or reject innovation. Empirically, the adoption of halal supply chain has a significant effect on halal supply chain performance. The results of this study indicate that a high level of compatibility and image are perceptions felt by company owners and managers after adopting the halal supply chain even though they do not get high relative advantages. This study uses t-test analysis to identify the various perceptions felt by adopters after the halal supply chain has been successfully adopted by them. The results of the t-test recapitulation have identified the findings that there are differences when new and old adopters perceive the halal supply chain as seen from ease of use, result demonstrability, image, and voluntarism. Relative advantages, compatibility, trialability, and visibility are four other dimensions that are perceived as the same by new adopters and old adopters after adopting the halal supply chain. This study provides direction for further research so that similar research can be carried out in different research locations and industrial sectors, as well as a larger sample size. This is intended so that further research can capture different influences and stronger analysis results in the context of research on the adoption of halal supply chains and the performance of halal supply chains. This study also provides suggestions for conducting a comparative study between the halal industry sectors to see the differences and similarities in their perceptions regarding the halal supply chain it has adopted.

Kata Kunci : halal supply chain, innovation adoption, halal supply chain adoption, halal supply chain performance, PCI, food and beverage companies, small and medium enterprises, t test

  1. S2-2021-437127-abstract.pdf  
  2. S2-2021-437127-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-437127-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-437127-title.pdf