Laporkan Masalah

Pengaruh Mobile Augmented Reality terhadap Motivasi Intrinsik dan Prestasi Belajar Geometri dalam Pembelajaran Daring pada Siswa kelas 8 SMP

AFIFAH NUR HASANAH, Dr. Yuli Fajar Susetyo, S.Psi., Psi., M.Si.

2021 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI

Motivasi intrinsik memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Penelitian telah menunjukkan bahwa lingkungan belajar AR dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar, serta pemahaman konten yang lebih efektif yang dapat berimplikasi pada peningkatan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan media belajar berbasis mobile augmented reality (MAR) dan membandingkannya dengan media Powerpoint terhadap motivasi intrinsik dan prestasi belajar geometri dengan konten bangun ruang pada pembelajaran daring kelas virtual untuk siswa kelas 8 SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group menggunakan pre-test post-test secara online. Hasil menunjukkan, tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan media belajar MAR Bangun Ruang dan media Powerpoint terhadap peningkatan rerata motivasi intrinsik dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran daring bangun ruang menggunakan kelas virtual. Hasil self-report menunjukkan penggunaan media belajar MAR menghadirkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan membuat konten pembelajaran menjadi lebih mudah dipahami.

Intrinsic motivation has an important role in the learning process. Research has shown that an AR learning environment can increase learning interest and motivation, as well as more effective content understanding which can have implications for improving learning achievement. This study aims to see the effect of applying mobile augmented reality (MAR)-based learning media and comparing it with Powerpoint media on intrinsic motivation and learning achievement in geometry with spatial content in virtual classroom online learning for 8th graders of junior high school. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental design with a nonequivalent control group research design using an online pre-test post-test. The results show that there is no significant difference between the use of MAR-based learning media and Powerpoint media to increase the average intrinsic motivation and student achievement in online learning using virtual classrooms. The results of the self-report show that the use of MAR learning media provides a fun learning experience and makes learning content easier to understand.

Kata Kunci : motivasi intrinsik, prestasi belajar, belajar daring, geometri, kelas virtual.

  1. S2-2021-448906-abstract.pdf  
  2. S2-2021-448906-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-448906-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-448906-title.pdf