HUBUNGAN ANTARA MODAL SOSIAL DAN INOVASI DIGITAL: PERAN MEDIASI BERBAGI PENGETAHUAN DAN MODERASI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN
RENHART PURBA, Nofie Iman Vidya Kemal, S.E., M.Sc., Ph.D
2021 | Tesis | MAGISTER SAINS MANAJEMENINTISARI Penelitian ini dilakukan untuk menelusuri pengaruh modal sosial terhadap inovasi digital yang dimediasi berbagi pengetahuan dan dimoderasi oleh orientasi kewirausahaan. Penelitian ini juga menguji secara langsung pengaruh modal sosial terhadap berbagi pengetahuan dan menguji pengaruh berbagi pengetahuan terhadap inovasi digital. Berdasarkan survei dan analisis data yang telah dilakukan terhadap 60 orang manajer dan pemilik perusahaan rintisan yang berbarsis internet di pulau Jawa, hasil temuan penelitian menunjukan bahwa modal sosial yang dimiliki perusahaan berpengaruh positif terhadap berbagi pengetahuan dan berbagi pengetahuan berpengaruh positif terhadap inovasi digital. Lebih lanjut hasil dari temuan dalam penelitian ini juga menunjukan bahwa berbagi pengetahuan sukses sebagai variabel yang memediasi serta variabel orientasi kewirausahaan terbukti memoderasi hubungan antara modal sosial dan inovasi digital.
Abstract This study aims at exploring the influence of social media on digital innovation mediated by knowledge sharing and moderated by entrepreneurship orientation. This study also examines directly the effect of social capital on knowledge sharing and the impact of knowledge sharing towards digital innovation. Based on the survey and data analysis involving 60 managers and internet-based start-up owners in Java, the social capital of the company provides positive influence to digital innovation. Furthermore, the result of this study points out that knowledge sharing manages to be the mediated variable. Finally, the variable of entrepreneurship orientation has been a piece of evidence in moderating the relationship between social capital and digital innovation.
Kata Kunci : Kata kunci: Modal Sosial, Berbagi Pengetahuan, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Digital.