Laporkan Masalah

Factors That Affect The Intention to Use "ShopeePay" Mobile Wallet: Indonesia's Case

DANIEL PUTRA SETYADI, Wuri Handayani, S.E., Ak., M.Si., M.A., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, motivasi hedonis, nilai harga, kebiasaan dan persepsi keamanan teknologi terhadap niat menggunakan ShopeePay sebagai salah satu dompet selular (m-wallet) di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diberikan kepada 90 pengguna ShopeePay. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dan snowball sampling, dan metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Analisis data kemudian dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi fasilitasi, kebiasaan, dan persepsi keamanan teknologi berpengaruh positif terhadap niat menggunakan ShopeePay dengan kondisi fasilitasi dan kebiasaan menjadi variabel yang signifikan. Sedangkan ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, motivasi hedonis dan nilai harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan ShopeePay. Keterbatasan penelitian ini adalah tidak memasukan beberapa faktor lain yang beberapa mungkin anggap penting ketika menggunakan m-wallet dan bahwa penelitian hanya berfokus pada satu sistem m-wallet sehingga mungkin tidak memiliki generalisasi yang tinggi dalam konteks M-wallet di Indonesia. Batasan lainnya adalah pada beberapa kasus, korelasi antara variabel dependen dan variabel independen mungkin tidak linier dengan model regresi berganda. Beberapa saran untuk penelitian selanjutnya adalah dengan menambahkan variabel independen lain seperti kepercayaan dan risiko, menambah responden dari berbagai merek m-wallet untuk generalisasi yang lebih baik, dan menambah responden untuk meningkatkan korelasi linier.

This study aims to determine the effect of performance expectancy, effort expectancy, social influences, facilitating conditions, hedonic motivation, price values, habits and perceived technology security on the intention to use ShopeePay as one of the mobile wallets (m-wallet) in Indonesia. This research is a quantitative study using a survey method through a questionnaire given to 90 ShopeePay user. The sample used in this study was taken using purposive sampling and snowball sampling method, and the statistical method used in this study is multiple linear regression analysis. The data analysis was then conducted using SPSS version 25 software. The results showed that facilitating conditions, habit, and perceived technology security had a positive effect on the intention to use ShopeePay with facilitating conditions and habit being a significant predictor. Meanwhile, performance expectancy, effort expectancy, social influence, hedonic motivation and price value do not have any positive nor significant effect on the intention to use ShopeePay. The limitations of this study are it does not include some other factors that some may considered important when it comes to using m-wallet and that the study only focuses on one m-wallet system resulting that it may not have high generalization in the context of Indonesian m-wallet. Other limitation is that in some cases, the correlation between dependent variable and independent variable may not be linear with the multiple regression model. Few suggestions for further research are to add other independent variable such as trust and risk, add more respondent from various m-wallet brand for more generalization, and to add more respondents to increase linear correlations.

Kata Kunci : M-wallet, ShopeePay, UTAUT2, Sistem Informasi, Keamanan Teknologi

  1. S1-2021-395935-abstract.pdf  
  2. S1-2021-395935-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-395935-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-395935-title.pdf