Laporkan Masalah

PENGARUH PEMASARAN VIRAL PADA NIAT PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE BANKING BANK MANDIRI SYARIAH

HELMI FADLI, Dr. Sahid S. Nugroho, M.Sc.

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Era digital mendorong perbankan untuk terus mengembangkan layanan perbankan digital seperti aplikasi mobile banking. Era digital juga telah mengubah cara perusahaan dalam melakukan pemasaran. Salah satunya adalah penggunaan media sosial yang dinilai menjadi media yang paling efektif dan efisien dalam melakukan pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pemasaran viral melalui media sosial terhadap niat penggunaan aplikasi mobile banking Bank Syariah Mandiri. Model penelitian terdiri atas variabel kuantitas informasi, kualitas argument, kredibilitas sumber, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, sikap terhadap penggunaan, dan niat penggunaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Ukuran sampel sebanyak 304 responden. Teknik pengumpulan data pada riset ini menggunakan kuesioner yang didistribusikan secara daring dengan kriteria responden memiliki aplikasi Mandiri Syariah Mobile Banking dan memiliki minimal dua media social. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi AMOS 26. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tiga dimensi pemasaran viral yaitu kuantitas informasi, kualitas argument, dan kredibilitas sumber memiliki pengaruh postitif terhadap niat penggunaan melalui persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, dan sikap terhadap penggunaan.

The digital era encourages banks to continue to develop digital banking services such as mobile banking applications. The digital age has also changed the way companies do marketing. One of them is the use of social media which is considered to be the most effective and efficient media in marketing. The purpose of this study was to examine the effect of viral marketing through social media on the intention to use the Bank Syariah Mandiri mobile banking application. The research model consists of variables of information quantity, quality of argument, source credibility, perceived ease of use, perceived usefulness, attitudes toward use, and intention to use. This research is a quantitative study with sampling using the purposive sampling technique. The sample size was 304 respondents. The data collection technique in this research uses a questionnaire that is distributed online with the criteria that the respondent has the Mandiri Syariah Mobile Banking application and has at least two social media. Methods of data analysis using Structural Equation Modeling (SEM) with AMOS 26 applications. The findings of this study indicate that the three dimensions of viral marketing, namely the quantity of information, the quality of the arguments, and the credibility of the source have a positive influence on intention to use through perceived ease of use, perceived usefulness, and attitudes toward use.

Kata Kunci : Pemasaran Viral, Media Sosial, Kuantitas Informasi, Kualitas Argument, Kredibilitas Sumber, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Sikap Terhadap Penggunaan, dan Niat Penggunaan.

  1. S2-2021-447590-abstract.pdf  
  2. S2-2021-447590-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-447590-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-447590-title.pdf