Laporkan Masalah

SOCIAL MEDIA CONTENT SORTING BY USER PREFERENCE

IRFAN KARUNIA FAJRI, Faizal Makhrus, S.Kom., M.Sc., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 ILMU KOMPUTER

Tidak diragukan lagi bahwa saat ini manusia hidup di era informasi. Dengan bantuan internet, khususnya World Wide Web, informasi mengalir dengan bebas tanpa memperhatikan waktu, lokasi, dan konstruksi lain, baik buatan manusia ataupun alam, fisik maupun konseptual. Laju informasi ini mempengaruhi bagaimana dunia bekerja. Dari tingkat pemerintahan tertinggi misalnya, dimana informasi dari semua bagian suatu negara dapat diolah, dan berpotensi mengarah pada proses pembuatan serta hasil kebijakan yang lebih baik. Hal ini juga memengaruhi bagaimana cara kita menjalani kehidupan sehari-hari. Saat ini informasi tentang pilihan dan favorit kita sedang ditata oleh pemasar, khususnya dalam menampilkan iklan yang relevan dengan mereka, yang kini disebut sebagai pemasaran target. Media sosial memainkan peran yang sangat besar dalam proses ini. Secara umum, pengguna akan mencari-cari tentang pilihan mereka, dan bahkan kadangkadang ikut berpartisipasi dalam suatu forum atau diskusi. Namun, informasi di media sosial sering kali acak dan rawan dari interferensi. Informasi yang tidak relevan dapat muncul dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang memiliki kemampuan untuk mengambil informasi yang relevan berdasarkan pilihan yang diinginkan. Sistem ini akan menggunakan teknologi web yang ada, serta juga mengandalkan Sistem Manajemen Basis Data Relasi untuk membantu memproses dan menyimpan informasi, serta mesin pencari untuk menyampaikan hasil. Sistem yang dikembangkan mampu memberikan informasi yang akurat mengenai pesan penting yang sesuai dengan pilihan pengguna, dengan tingkat akurasi mencapai 77% pada metrik Precision @ K (asumsi K = 10 Teratas), dan 95% pada metrik R-Precision juga membuktikan bahwa Metodologi pencarian informasi yang diuraikan dapat digunakan dan diterapkan dalam suatu kasus, yaitu memberi peringkat pesan di media sosial berdasarkan pilihan pengguna.

It is without a shade of doubt that we are now living in an era of information. With the help of the Internet, especially the World Wide Web, information flows freely without regard of time, location, and other constructs, both man-made or natural, physical or conceptual. This flow of information influences how the world works, from the highest levels of government for example, where information from all parts of a country could be processed, and can potentially lead to better policymaking process and policies. It also influences the way we live our daily lives. Information about our preferences and favorites are now being mined by marketers, in order to specifically display ads relevant to them, in what is now called as targeted marketing. Social media plays a very big part of this process. Naturally, users would search about their preferences, and sometimes even participate in a forum or discussion regarding it. However, information in social media is often times random, and prone to interference. Irrelevant information could come up from time to time. Therefore, a system that has the ability to retrieve relevant information, based on a particular user�s preference is needed. The system will make use of current web technologies, and also rely on an Relation Database Management System to help process and store information, and a search engine to present the results. The system was able to give accurate information regarding important messages that are suitable with user�s preferences, with accuracy levels reaching 77% in the Precision @ K metric (assuming Top K = 10), and 95% in the R-Precision metric also proven that the information retrieval methodologies outlined could be used and implemented in this particular use case, which is ranking messages in a social media based on user preferences.

Kata Kunci : Social media, information, retrieval, relevance, message sorting

  1. S1-2021-343143-abstract.pdf  
  2. S1-2021-343143-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-343143-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-343143-title.pdf