Laporkan Masalah

Analysis of a Full Cycle of Multilevel Absorptive Capacity Process with Moderating Effects

ANDY SUSILO LUKITO B, Prof. Nurul Indarti, PhD; Kusdianto Setiawan, PhD

2021 | Disertasi | DOKTOR ILMU MANAJEMEN

Studi ini mengkaji perkembangan Absorptive capacity (ACAP). Untuk itu, penelitian ini mengadopsi dua pandangan tentang ACAP yang telah dibahas oleh para founding fathers dari konstruk ini. Pertama, ACAP dianggap sebagai akumulasi pengetahuan ketika pertama kali diperkenalkan oleh Cohen dan Levinthal (1990) yang lebih berorientasi pada hasil sebagai bukti keberadaan konstruk. Kedua, ACAP dipandang sebagai bagian dari kapasitas organisasi yang dianggap sebagai faktor penting untuk mendorong inovasi dalam suatu organisasi serta untuk meningkatkan kualitas individu (Lane et al 1996, Zahra dan George 2002). Studi ini menggabungkan kedua perspektif tersebut dengan melakukan penelitian terhadap konstruk ACAP dengan memeriksa proses pembentukannya serta mengkonfirmasikan hasil-hasilnya. Kerangka berpikir yang digunakan adalah teori pembelajaran kognitif yang mendukung proses pembelajaran dan teori pembelajaran perilaku yang mengedepankan hasil belajar sebagai pencapaian proses pembelajaran. Penelitian ini mengadopsi model dari Sun dan Anderson (2010) yang memasukkan proses ACAP ke dalam model Organization Learning (OL) dari Crossan et al. (1999) untuk menguji konsep tersebut. Selain itu, penelitian ini juga menginjeksi dua kelompok faktor pemoderasi konseptual, yaitu Social Integration Mechanism (SIM) dan Regime of Appropriability (ROA). Setiap kelompok terdiri dari dua variabel moderasi, Formal dan Informal mewakili SIM dengan Pembelajaran, dan Kohesif mewakili ROA. Konsep yang mendasari untuk mengembangkan faktor-faktor moderasi ini didasarkan pada teori Pandangan Berbasis Pengetahuan, bersama dengan konsep manajemen proyek serta pembelajaran tim. Untuk mengimplementasikan konsep tersebut, studi ini melakukan studi longitudinal dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Gadjah Mada periode Juni - Agustus 2019. Ada 2.444 peserta yang memenuhi syarat (dari 5.338 peserta terdaftar) yang berasal dari berbagai fakultas dan tahun masuk. . Kuesioner terdiri dari tiga bagian; yaitu bagian pertama tentang KKN (37 pertanyaan tertutup dan 1 pertanyaan terbuka), bagian dua tentang ACAP dan variabel moderasi (61 pertanyaan valid dan reliabel), dan bagian tiga tentang data demografis. Ada enam tahap proses ACAP di mana model statistik dibangun di atasnya. Proses outcome dijaring dengan membandingkan jawaban peserta di awal (t0) dan akhir (t1) proyek KKN. Hierarchical Linear Model (HLM) digunakan untuk menggambarkan enam model proses, uji t dan uji Wald digunakan untuk membandingkan kualitas hasil bersama dengan MRA dan uji beda beta untuk menguji variabel moderasi. Hasilnya menegaskan proses ACAP secara keseluruhan, baik enam tahap maupun hasilnya. Dengan demikian, konsep ACAP yang diusulkan sebagai bagian dari OL dan pembelajaran dikonfirmasi. Proses ACAP dapat dilihat sebagai bagian dari proses OL dan semua konsekuensinya. Sementara itu, hasil ACAP juga menegaskan adanya akumulasi pengetahuan dan juga dapat digunakan sebagai metrik untuk berbagai keperluan. Metrik, yang dibuktikan oleh studi ini, didukung dengan bukti dari proses pembangunan siklus penuh yang menyeluruh. Penggunaan ACAP lebih lanjut sebagai satu metrik independen dapat mengandalkan temuan penelitian ini. Namun, variabel moderasi sebagian besar ditolak karena kegagalan untuk membuktikan dominasinya terhadap model non-moderasi meskipun nilai beta signifikan. Dalam elaborasi lebih lanjut, hasil yang tidak didukung menunjukkan adanya fenomena U, yang menunjukkan bahwa moderasi dapat memperoleh dominasi yang lebih besar ketika proyek diulangi atau ketika pengetahuan atau kapasitas individu lebih tinggi. Singkatnya, penelitian ini melakukan pengujian hipotesis pada proses ACAP sebagai bagian dari kerangka teori pembelajaran. Ini menegaskan gagasan mencampur proses ACAP sebagai bagian dari proses OL serta mengatur ACAP menjadi bagian dari kapasitas organisasi. Dengan demikian, penelitian masa depan dapat memperkuat proses ACAP atau menguraikan keterkaitan antara ACAP dan OL. Penelitian ini memperkenalkan penggunaan HLM untuk menggambarkan proses multilevel ACAP dan penggunaan nilai skor pembebanan sebagai variabel nilai dasar untuk memitigasi masalah multikolinearitas. Dari perspektif manajerial, organisasi dapat memanfaatkan siklus ACAP untuk menetapkan program pengembangan bagi orang-orangnya dan menciptakan pengetahuan istimewa organisasi mereka sendiri. Sedangkan untuk proyek KKN, studi ini mengungkapkan pentingnya evaluasi proyek yang lebih sistematis agar proyek dapat diadopsi sejalan dengan dampak jangka panjang KKN terhadap peserta, pemangku kepentingan, dan unit KKN.

This study investigates the development of Absorptive capacity (ACAP). To do that, this study adopts two views about ACAP that have been discussed by the founding fathers of this construct. First, ACAP is considered as an accumulation of knowledge when it first introduced by Cohen and Levinthal (1990) of which put more orientation to the result as evidence of the construct existence. Second, ACAP is viewed as a part of organizational capacity considered to be an important factor to drive innovation in an organization as well as to increase individual quality (Lane et al 1996, Zahra and George 2002). This study combines these two perspectives by conducting research on the ACAP construct by examining the formation process as well as confirming at its results. The thinking framework used is a cognitive learning theory that supports the learning process and behavioral learning theory that emphasizes learning outcomes as the achievement of the learning process. This study adopts the model from Sun and Anderson (2010) inserting the ACAP process into Organization Learning (OL) model from Crossan et al. (1999) to test the concept. In addition to that, this study is also injecting two groups of conceptual moderating factors, i.e., Social Integration Mechanism (SIM) and Regime of Appropriability (ROA). Each group consists of two moderating variables, Formal and Informal representing SIM with Learning, and Cohesive representing ROA. The underlying concept to develop these moderating factors is based on Knowledge-Based View theory, together with project management concept as well as team learning. To implement the concept, this study undertook a longitudinal study from Kuliah kerja Nyata (KKN) program at Universitas Gadjah Mada for the period June to August 2019. There are 2.444 eligible participants (out of 5.338 registered participants) coming from various faculties and entry years. The questionnaire consists of three sections; i.e., section one about KKN (37 close-ended questions and 1 open-ended question), section two about ACAP and moderating variables (61 valid and reliable questions), and section three about demographic data. There are six stages of ACAP process where a statistical model is built on each of them. The outcome process is captured by comparing the participants' answers at the beginning (t0) and end (t1) of the KKN project. Hierarchical Linear Model (HLM) is used to depict the six process models, t-test and Wald test are used to compare the quality of the outcomes together with MRA and beta difference test to test the moderating variables. The result confirms the overall ACAP process, both the six stages and the outcome. Thus, the proposed concept of ACAP as part of the OL and learning is confirmed. The ACAP process can be viewed as part of the OL process and all the consequences. Meanwhile, the outcome of ACAP also confirms that the accumulation of knowledge exists and also can be used as a metric for many purposes. The metric, proven by this study, is backed up with evidence of a thorough full-cycle building process. Further use of ACAP as one independent metric can rely on this research's finding. However, the moderating variables are mainly rejected due to the failure to prove their dominance to the non-moderating models although the beta values are significant. In further elaboration, the unsupported result reveals the presence of the U phenomenon, which suggests that moderation could acquire greater dominance when the project is repeated or when the individual knowledge or capacity is higher. To sum up, this study undertakes hypothesis testing on the ACAP process as part of the learning theory framework. It confirms the idea of mixing ACAP process as part of the OL process as well as setting the ACAP to become a part of organizational capacity. Thus, future research can amplify the ACAP process or elaborate the interrelation between ACAP and OL. This study introduces the use of HLM to depict the ACAP multilevel process and the use of loading score value as the based value variables to mitigate the multicollinearity problem. From a managerial perspective, organizations can utilize the ACAP cycle to establish a development program for their people and create their own organization's idiosyncratic knowledge. As for KKN project, this study reveals the importance of having a more systematic evaluation of the project so that the project can be adopted in line with the long-term effect of the KKN on the participants, the stakeholders, and the KKN unit.

Kata Kunci : Absorptive Capacity, Organizational Learning, Full Cycle Process, Knowledge Accumulation

  1. s3-2021-405190-abstract.pdf  
  2. s3-2021-405190-bibliography.pdf  
  3. s3-2021-405190-tableofcontents.pdf  
  4. s3-2021-405190-title.pdf