Laporkan Masalah

THE RELATIONSHIP BETWEEN TAX ATTITUDES AND THE PERCEPTION OF TAX STRUCTURE TOWARDS TAX COMPLIANCE BEHAVIOR OF SMALL MEDIUM ENTERPRISES IN INDONESIA

REVY FAHRI FAHREZI, AMANDA ACINTYA, S.E., M.SC.,

2021 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Masalah mengenai perpajakan sudah ada sejak awal pemberlakuan pajak dan salah satu masalah utama yang dihadapi oleh hampir setiap pemerintah negara, termasuk Indonesia, adalah perilaku kepatuhan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap perpajakan (keadilan dan pengaruh rekan) dan persepsi struktur perpajakan (kompleksitas, denda, dan tarif pajak) sebagai faktor yang mempengaruhi perilaku kepatuhan pajak UKM di Indonesia. Selanjutnya, karakteristik bisnis UKM juga dianalisa dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah memiliki pengaruh terhadap perilaku kepatuhan pajak UKM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer dari survei dan respondennya (n = 103) merupakan para pemilik UKM di Indonesia yang membayar pajak. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisa regresi berganda dan hasilnya menunjukkan bahwa keadilan, pengaruh rekan, dan kompleksitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku kepatuhan pajak UKM, sedangkan denda dan tarif pajak tidak berpengaruh signifikan. Namun, kelima aspek tersebut secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kepatuhan pajak UKM. Di sisi lain, semua karakteristik bisnis UKM dalam penelitian ini tidak menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan perilaku kepatuhan pajak.

Tax has always had problems ever since its existence and one of the major problems faced by almost every government, including Indonesia, is tax compliance behavior. This study aims to investigate the relationship between tax attitudes (fairness and peer influence) and the perception of tax structure (complexity, penalties, and tax rate) as factors that impact the tax compliance behavior of SMEs in Indonesia. Furthermore, the business characteristics of SMEs is also analyzed in this study in order to determine whether it has an affect towards the tax compliance behavior of SMEs. The present study is a quantitative study that uses primary data from surveys and the respondents (n = 103) are the taxpaying Indonesian SME owners. The hypothesis testing is conducted using a multiple regression analysis and the results show that fairness, peer influence, and complexity have a significant effect towards the tax compliant behavior of SMEs, while penalties and tax rate do not. However, those five aspects simultaneously have a significant impact towards the tax compliance behavior of SMEs. On the other hand, all of the business characteristics of SMEs in this study do not show any significant correlation with tax compliance behavior.

Kata Kunci : Tax attitudes, tax structure, business characteristics, fairness, peer influence, complexity, penalties, tax rate, tax compliance behavior, SME, tax regulations, tax returns

  1. S1-2021-392628-Abstract.pdf  
  2. S1-2021-392628-Bibliography.pdf  
  3. S1-2021-392628-Tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-392628-Title.pdf