Peran Keterampilan Sosial Terhadap Jumlah Teman Dekat Pada Mahasiswa
DEWA GEDE NATA RADITYA, Avin Fadilla Helmi, Dr., M.Si.
2021 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIHubungan pertemanan penting bagi setiap individu dan menjadi tolak ukur capaian perkembangan sosial. Defisit dalam hubungan pertemanan membuat individu khususnya mahasiswa rentan terhadap perilaku bermasalah dan gangguan psikologis seperti depresi, dan rendahnya capaian akademik. Guna membentuk dan mempertahankan hubungan pertemanan diperlukan keterampilan-keterampilan seperti sikap asertif, kolaboratif, empati, altruisme, penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan. Keterampilan tersebut merupakan bagian dari keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dari keterampilan sosial terhadap jumlah teman dekat pada mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Self Report Jumlah Teman Dekat dan Skala Keterampilan Sosial. Hipotesis diuji menggunakan analisis regresi linear sederhana pada 188 subjek penelitian berusia 17-22 tahun. Hasil menunjukkan bahwa keterampilan sosial berperan signifikan dalam menaikkan jumlah teman dekat sebesar 3% (p<0,05). Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan keterampilan sosial dapat menambah jumlah teman dekat yang dimiliki oleh mahasiswa.
Friendship is important for humans as a social being and having friendship was one of the social development goals for adolescent. Deficit in friendship make college student prone to problem behavior, depression, and low on academic achievement. Certain skill was needed in order to create and maintain friendship, those skills are asertif behavior, able to collaborate with others, empathy, altruism, problem resolve, and decision making. All those skills was part of social skills. Current study aim to test the role of social skills to the number of close friend in college students. Instrument used in this study was self report in number of close friendship and Social Skill Scale. Hypotheses was analyze with simple linear regression on 188 particapant ranging from 17-22 years old. Result show that social skills affect the number of close friend the college students have for 3% (p<0.05). From the result can be concluded that developing social skills in college students can increase the number of close friend.
Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Teman Dekat, Mahasiswa