Laporkan Masalah

Filsafat Pendidikan Progresivisme dalam Film Taare Zameen Par

RAHMAYUNA FADILLAH, Dr Rr Siti Murtiningsih

2021 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pandangan Pendidikan dalam film Taare Zameen Par, memaparkan prinsip-prinsip filsafat Pendidikan Progresivisme dalam Pendidikan dan mengkaji problematika dalam film Taare Zameen Par menggunakan perspektif filsafat Pendidikan progresivisme. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Penelitian ini melalui tiga tahapan, tahap pertama adalah inventarisasi data dan bahan-bahan kepustakaan yang berkaitan dengn tema penelitian yaitu tentang film dan Pendidikan pada umumnya, secara khusus tentang film Taare Zameen Par dan Pendidikan Progresivisme. Langkah kedua adalah pengklasifikasi data, yaitu mengidentifikasi dan mengelompokkan data yang telah diperoleh. Dan Langkah yang ketiga adalah menganalisis data yang sudah diklasifikasikan dengan menggunakan metode hermeneutika filosofis dengan unsur- unsus metodisnya sebagai berikut: deskripsi, interpretasi, holistika, kesinambungan historis, dan refleksi. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu, filsafat Pendidikan progresivisme adalah sebuah teori dengan sistem Pendidikan yang mementingkan kemerdekaan anak dari tekanan pengajaran dengan sistem hafalan, pendiktean bahan pelajaran dan otorisasi terhadap buku teks. Filsafat progresivisme menuntut kepada para penganutnya untuk selalu maju (progress): bertindak secara konstruktif, inovatif, reformatif, aktif dan dinamis. Dengan menjadikan anak murid sebagai subjek dalam Pendidikan akan dapat memberikan solusi yang tepat untuk menyelesaikan kesulitan belajar yang dialami murid, karena murid akan menjadi pusat perhatian dalam mencari solusi tersebut.

The purpose of this research to reveals the educational views in the film Taare Zameen Par, describes the principles of Progressivism Educational philosophy in Education and examines the problems in film Taare Zameen Par using Progressivism Educational philosophy perspective. This research is a library research. This research goes through three stages, the first stage is inventory of data and library materials related to research themes, namely about films and education in general, specifically on the film Taara Zameen Par and Progressivism Educational. The second stage is data clarification. Which means identifying and classifying data that has been obtained. And the third stage is to analyze the clarified data using the philosophical hermeneutic methode with the following methodical elements: description, interpretation, holistic, historical continuity, and reflaction. The results achieved in this study are progressivism educational philosophy is a theory with an educational system which emphasizes children������¢���¯���¿���½���¯���¿���½s freedom from teacher pressure with a rote system, dictating learning materials and authorizing textbooks. Progressivism philosophy demands its adherents to always go forward (progress) : act constructively, innovatively, reformatively, actively and dynamically. Making students as subjects in Education will be able to provide the right solutions to solve learning difficulties experienced by students, because students will be the center of attention in finding these solutions.

Kata Kunci : Taare Zameen Par, Filsafat Pendidikan, Progresivisme

  1. S1-2021-352339-Abstract.pdf  
  2. S1-2021-352339-Bibliography.pdf  
  3. S1-2021-352339-Tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-352339-Title.pdf