Laporkan Masalah

BENTUK DAN MAKNA RETORIKA DALAM CAPTION INSTAGRAM SEPHORA PRANCIS

NABILLA HANUM PERTIWI, Aprillia Firmonasari, S.S., M.Hum., DEA.

2021 | Skripsi | S1 SASTRA PRANCIS

Di era serba modern saat ini, media sosial sudah tidak lagi hanya digunakan sebagai media berkomunikasi saja, tetapi juga sebagai wadah publikasi yang banyak dimanfaatkan oleh merek-merek terkenal dalam upaya meningkatkan penjualan produk atau jasa. Salah satu media sosial yang banyak digunakan yaitu adalah instagram. Instagram merupakan media sosial yang berfokus pada gambar dan video, namun selain itu instagram juga menyediakan fasilitas berupa kolom caption yang digunakan untuk memberikan keterangan atas gambar dan video yang diunggah. Pada kolom caption biasanya diisi dengan berbagai jenis retorika untuk meningkatkan dampak persuasif terhadap pembaca. Hal ini juga dilakukan oleh salah satu merek kosmetik terkenal di Prancis yaitu Sephora. Penelitian ini akan mengkaji figur bentuk dan figur makna apa saja yang digunakan oleh Sephora pada penulisan caption instagram. Penelitian ini menggunakan teori klasifikasi figur-figur retorika oleh Brouland. Terdapat 48 data dianalisis yang diambil dari caption instagram @sephorafrance periode Juni-Agustus 2020. Data tersebut didapat dengan cara membaca seluruh caption dari unggahan periode tersebut dan mencatat jenis-jenis figur bentuk dan figur makna yang digunakan dalam penulisan caption. Setelah data terkumpul, data kemudian dianalisis dengan merubah atau menghilangkan figur bentuk atau figur makna retorika untuk mengetahui perbedaan dan pengaruhnya terhadap persuasi yang dilakukan. Hasil penelitian menemukan adanya empat jenis figur bentuk yang digunakan, meliputi inversi, elipsis, anafora, dan hypallage, serta ditemukan lima jenis figur makna, meliputi komparasi, metafora, oksimoron, penggunaan merek sebagai atribut, serta satu figur makna berupa idiom yang tidak termasuk dalam klasifikasi menurut Brouland.

In this modern era, social media is not only a mean for communication but also function as a place for publication. Many famous brands utilize social media as a way to elevate their income from selling products or services. One of the famous social media app is Instagram. Instagram is a social media that focuses on sharing photos and videos. Other than that, Instagram also provides many facilities such as caption, a place to describe the posted photos or videos. Caption usually filled with many kinds of rhetoric to increase the persuasive effects toward the readers. One of the famous make-up line in French called Sephora also using this trick to increase the persuasive effects toward the followers. This research will examine what the figures of form and the figures of meaning used by Sephora are in their Instagram captions. This research used the theory of rhetoric figures classification by Brouland. There are 48 data that has been analyzed. The data was taken from the caption of Sephora’s Instagram account, @sephorafrance, from June to August 2020. The data were acquired by reading all the captions from posts in the elaborated period and making notes on the use of figures of form and figures of meaning being used. After acquiring the data, the data then analyzed by changing or removing the use of the figures of form and the figures of meaning to determine the difference and the effects on the persuasion. The result of the research conclude that there was four types of figures of form being used, this include inversion, elipse, anaphora, and hypallage. The research also found five types of figures of meaning, including comparison, metaphor, oxymoron, the use of brand as an attribute, and an idiom that was not included on the classification according to Brouland.

Kata Kunci : retorika, persuasi, caption instagram, Sephora/rhethoric, persuasion, instagram caption, Sephora

  1. S1-2021-413431-abstract.pdf  
  2. S1-2021-413431-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-413431-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-413431-title.pdf