Laporkan Masalah

Strategi Pemasaran Shopee di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Utilitarian Approach dalam Etika Bisnis

JENNY F SARAGIH, Prof. Dr. Lasiyo, M.A., M.M, Dr. Ridwan Ahmad Sukri, Dr. Ngurah Weda Sahadewa, Dr. Supartiningsih

2021 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah mengenai dampak dari terjadinya virus Covid-19 sehingga masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah dan memenuhi kebutuhannya dengan berbelanja online di e-commerce baik dari aplikasi maupun website, salah satunya adalah e-commerce Shopee yang memiliki kampanye kreatif sebagai strategi pemasaran. Permasalahan ini akan dikaji lebih dalam dengan menggunakan utilitarian approach dalam etika bisnis. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis secara kritis mengenai strategi pemasaran Shopee di masa pandemi Covid- 19 menurut pendekatan utilitarian approach dalam etika bisnis. Objek material penelitian ini adalah strategi pemasaran Shopee di masa pandemi Covid-19 dan objek formalnya adalah utilitarian approach sebagai pendekatan etika bisnis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian filosofis yang bersifat kualitatif. Pemilihan metode didasarkan pada masalah yang telah diajukan dan telah digunakan sebagai alat untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Model penelitian ini adalah kepustakaan tentang fenomena faktual. Bahan penelitian ini berasal dari buku, jurnal, artikel dan skripsi tentang Shopee, strategi pemasaran e-commerce, dan utilitarian approach. Penelitian ini menggunakan studi pustaka yang diawali dengan inventarisasi data, klasifikasi, analisis dan pengolahan data. Unsur-unsur metodisnya yaitu: deskripsi, interpretasi, holistika dan refleksi kritis. Hal yang dilakukan dalam penelitian ini secara garis besar adalah mendeskripsikan strategi pemasaran Shopee di masa pandemi Covid-19 dan menganalisis secara kritis melalui perspektif Utilitarian Approach dalam Etika Bisnis. Utilitarian approach menjadi dasar untuk menganalisis strategi pemasaran Shopee di masa pandemi Covid-19. Utilitarian approach memiliki kelebihan di antaranya memperhatikan keuntungan umum yang membawa perubahan fundamental pada tatanan kehidupan masyarakat khususnya ekonomi. Utilitarian approach memandang bahwa setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensi. Oleh karena itu, sebelum mengambil tindakan, harus memberikan manfaat yang sangat besar kepada masyarakat. Meluasnya Covid-19 di Indonesia memiliki dampak negatif yang besar terutama di bidang ekonomi. Kesadaran Shopee akan masalah tersebut menjadi sebuah poin tambahan bagi e- commerce mereka dalam strategi pemasaran, Shopee melakukan free shipping sebagai investasi dalam kampanye kreatif yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat, mengingat banyaknya e-commerce yang menjadikan advertising sebagai investasi, sehingga masyarakat merasa terbebani dan memilih belanja offline karena tinggi nya biaya pengiriman dan mahalnya harga produk dalam e-commerce tersebut. Shopee melakukan kampanye kreatif sebagai strategi pemasaran dengan menggratiskan ongkos kirim, koin Shopee, dan fitur lainnya yang memberikan keuntungan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan terutama di masa pandemi Covid-19.

The problem raised from this research is about the impact of the Covid-19 virus so that people reduce their activities outside the home and fulfill their needs by shopping online in e-commerce from both applications and websites, one of which is the e- commerce Shopee which has a creative campaign as a marketing strategy. This problem will be studied more deeply by using a utilitarian approach in business ethics. The purpose of this study is to critically analyze Shopee's marketing strategy during the Covid-19 pandemic according to a utilitarian approach in business ethics. The material object of this research is Shopee's marketing strategy during the Covid-19 pandemic and the formal object is the utilitarian approach as a business ethics approach. The research method used in this research is a qualitative philosophical research method. The choice of method is based on the problems that have been proposed and has been used as a tool to find solutions to these problems. This research model is a literature on factual phenomena. This research material comes from books, journals, articles and theses about Shopee, e-commerce marketing strategies, and the utilitarian approach. This research uses literature study which begins with a data inventory, classification, analysis and data processing. The methodical elements are: description, interpretation, holistic and critical reflection. In general, this research describes Shopee's marketing strategy during the Covid-19 pandemic and analyzes it critically through the perspective of the Utilitarian Approach in Business Ethics. The utilitarian approach is the basis for analyzing Shopee's marketing strategy during the Covid-19 pandemic. The utilitarian approach has advantages, including paying attention to the general benefits that bring about fundamental changes in the order of life of society, especially the economy. The utilitarian approach views that every action must be based on consequences. Therefore, before taking action, it must provide enormous benefits to the community. The spread of Covid-19 in Indonesia has had a major negative impact, especially in the economic field. Shopee's awareness of this problem becomes an additional point for their e-commerce in their marketing strategy, Shopee does free shipping as an investment in creative campaigns that provide great benefits to the community, considering that many e-commerce sites make advertising an investment, so that people feel overwhelmed and choose offline shopping because of the high shipping costs and the high price of products in the e-commerce. Shopee is carrying out a creative campaign as a marketing strategy by eliminating shipping costs, Shopee coins, and other features that provide benefits for the public in meeting their needs, especially during the Covid-19 pandemic.

Kata Kunci : strategi, Covid-19, online shop, utilitarian approach, Shopee, bisnis

  1. S1-2021-408886- Abstract.pdf  
  2. S1-2021-408886- Bibliography.pdf  
  3. S1-2021-408886-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-408886-Title.pdf