Laporkan Masalah

INOVASI SISTEM PELAYANAN ONLINE DESA KRANDEGAN (SIPOLGAN) DILIHAT DARI PERSPEKTIF PUBLIC VALUE DI DESA KRANDEGAN KECAMATAN BAYAN KABUPATEN PURWOREJO

Dwi Dhea Alfosma. K, Dr. Suripto, S. IP., MPA., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Undang - Undang Pelayanan Publik melahirkan semangat meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam membangun kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu inovasi pelayanan publik menjadi perwujudan pentingnya penyelenggaraan pelayananan publik yang memberikan dampak bagi masyarakat. Sistem Pelayanan Online Desa Krandegan (SIPOLGAN) hadir sebagai salah satu inovasi pelayanan publik di Desa Krandegan dengan menggunakan teknologi berbasis android versi 1.0 dengan desain 15 menu dalam satu layanan. Penelitian ini berlokasi di Desa Krandegan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai publik dalam Sistem Pelayanan Online Desa Krandegan (SIPOLGAN). Nilai publik dilihat dengan menggunakan tiga indikator dari Mark Moore yaitu legitimasi dan dukungan, kemampuan operasional dan nilai substansial. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kajian dokumentasi. Peneliti memilih subjek penelitian menggunakan purposive sampling berdasarkan kebutuhan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SIPOLGAN telah didukung regulasi dan mendapatkan respon positif dari masyarakat yang menggunakan aplikasi SIPOLGAN. Dari segi kemampuan operasional sudah memiliki kapasitas sumber daya teknologi, sumber daya keuangan, dan sumber daya manusia yang memadai. Dari segi nilai publik layanan ini memberikan dampak positif berupa manfaat dan nilai kepada masyarakat (nilai ekonomi, nilai sosial dan budaya, nilai politik, nilai pendidikan, serta nilai ekologi).

The Law on Public Services gives birth to the spirit of improving the quality of public services in building public trust. Therefore, public service innovation embodies the importance of providing public services that have an impact on society. The Krandegan Village Online Service System (SIPOLGAN) is present as one of the public service innovations in Krandegan Village by using Android-based version 1.0 technology with a design of 15 menus in one service. This research is located in Krandegan Village, Bayan District, Purworejo Regency. The purpose of this study was to determine the public value in the Krandegan Village Online Service System (SIPOLGAN). Public value is seen using three indicators from Mark Moore, namely legitimacy and support, operational capability and substantial value. The research was conducted by using qualitative research methods with descriptive analysis. Technique Data collection was carried out by observation, interviews, and documentation review. Researchers chose research subjects using purposive sampling based on research needs. The results of this study indicate that SIPOLGAN has been supported by regulations and has received a positive response from people who use the SIPOLGAN application. In terms of operational capacity, it has sufficient technological, financial and human resource capacity. In terms of public value, this service has a positive impact in the form of benefits and values to society (economic value, social and cultural value, political value, educational value, and ecological value).

Kata Kunci : inovasi pelayanan publik, nilai publik, Sistem Pelayanan Online Desa Krandegan (SIPOLGAN)

  1. S1-2021-378594-ABSTRACT.pdf  
  2. S1-2021-378594-BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. S1-2021-378594-TABLEOFCONTENT.pdf  
  4. S1-2021-378594-TITLE.pdf