Laporkan Masalah

Peran Program Pertukaran Pelajar Lintas Budaya dalam Penanaman Pemahaman Perdamaian dengan Studi Kasus Alumni Program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study Indonesia

ALDIA SARAH FIRDAUSI, Dr. Ririn Tri Nurhayati, MA

2021 | Skripsi | S1 ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL

Kejadian 11 September 2001 telah mengubah banyak kanal pada aspek sosial dan budaya di Amerika Serikat. Salah satunya adalah pandangan masyarakat Amerika Serikat terhadap muslim. Menaggapi hal ini, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mencanangkan sebuah program pertukaran pelajar bernama Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (KL YES). Program ini diperuntukkan bagi pelajar usia Sekolah Menengah Atas dari negara-negara dengan populasi muslim yang signifikan untuk menjalani program selama sepuluh bulan di Amerika Serikat. Program ini bertujuan untuk menjembatani pemahaman mutual antar masyarakat Amerika Serikat dengan komunitas muslim. Indonesia adalah salah satu negara yang mengirimkan siswa pertukaran pelajar setiap tahunnya. Skripsi ini membahas tentang peran dari program KL dalam bina damai pasca kejadian 11 September dengan analisis data kualitatif.

The event of 9/11 has changed a lot of social and cultural aspects in the United States. One is the view of the United States against the Muslim community. In response to this, the US State Department launched a student exchange program called Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES KL). This program is for high school students from countries with a significant Muslim population to undertake a ten-month program in the United States. This program aims for mutual understanding between the people of the United States and the Muslim community. Indonesia is one of the countries that send exchange students every year. This thesis discusses the role program of KL in building peace after the September 11 incident by analyzing qualitative data.

Kata Kunci : Peacebuilding, United States of America, Student Exchange, Engagement, Intercultural

  1. S1-2021-414874-abstract.pdf  
  2. S1-2021-414874-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-414874-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-414874-title.pdf