Laporkan Masalah

Pengaruh Pelaksanaan Filosofi Tri Hita Karana Terhadap Kepuasan Tamu. Eksplorasi atas Electronic Word of Mouth Pada Hotel Bintang 3 di Badung

KADEK SATYA WAHYU P, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA.

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Konsep keharmonisan atau yang dikenal juga sebagai Tri Hita Karana oleh masyarakat Bali, telah menjadi tren yang tengah berkembang di pariwisata Bali. Pemerintah dan pelaku usaha semakin memberikan atensi yang lebih tinggi untuk memastikan penerapannya. Ulasan daring (electronic word of mouth/eWOM) merupakan media yang mampu memperlihatkan respons tamu terhadap praktik-praktik keharmonisan yang dilakukan. Penelitian ini menganalisis hubungan Tri Hita Karana dan nilai ulasan dari 7.264 sampel ulasan di Booking.com. Nilai ulasan mencerminkan tingkat kepuasan dari wisatawan. Hubungan antara Tri Hita Karana dan nilai ulasan dapat dibagi ke dalam empat jenis, yakni netral, pemuas, penyebab ketidakpuasan, dan kritikal. Hasil penelitian menemukan bahwa setiap elemen dari Tri Hita Karana yang pengimplementasiannya memperhatikan kenyamanan wisatawan, memiliki hubungan kritikal terhadap nilai ulasan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa Tri Hita Karana memiliki pengaruh terhadap tipe respons yang diberikan meskipun dengan kekuatan asosiasi yang rendah.

The concept of harmonious relationship, also known as Tri Hita Karana by the Balinese people, has become a growing trend in Balinese tourism. The government and business organizations has been giving more attention to ensure its implementation. Online reviews (electronic word of mouth/eWOM) are a medium that is able to show guest responses to those practices. This study analyzes the relationship between Tri Hita Karana and review scores of 7,264 sample from Booking.com. These review scores reflect the guest satisfaction level. The relationship between Tri Hita Karana and review scores can be divided into four types, neutral, satisfier, dissatisfier, and critical. This study found that every element of Tri Hita Karana which keep guests�¢ï¿½ï¿½ comfort in mind when implemented has a critical relationship with guests�¢ï¿½ï¿½ review scores. In addition, this study also found that Tri Hita Karana has an influence on the type of responses given albeit in low strength.

Kata Kunci : Tri Hita Karana, berkesinambungan, kualitas jasa, pariwisata, getok tular elektronik/electronic word of mouth (eWOM)

  1. S2-2021-447603-abstract.pdf  
  2. S2-2021-447603-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-447603-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-447603-title.pdf