Analisis Daya Saing Ekspor Lobster Indonesia ke Republik Rakyat Tiongkok
PASKALIS PUPUT RUBEDANTO, Suadi, S.Pi., M.Agr.Sc., Ph.D.
2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN SUMBERDAYA AKUATIKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perkembangan ekspor lobster Indonesia ke pasar Republik Rakyat Tiongkok dan dunia, (2) kinerja dan daya saing ekspor lobster Indonesia ke Republik Rakyat Tiongkok dibandingkan dengan negara-negara pesaing, (3) faktor-faktor yang berpengaruh terhadap daya saing dan bagaimana pengaruh faktor tersebut. Penelitian ini menggunakan data sekunder time series tahun 2010-2019 dari UN Comtrade dan ITC Trade Map. Analisis daya saing ekspor lobster Indonesia menggunakan metode Revealed Comparative Advantage (RCA) dan analisis faktor yang mempengaruhi daya saing menggunakan metode Constant Market Share (CMS). Hasil penelitian menunjukkan: (1) nilai ekspor lobster Indonesia ke dunia dan Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 2010-2019 cenderung mengalami kenaikan. Terdapat perbedaan antara volume ekspor dan nilai ekspor yang dihasilkan pada tahun tertentu, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu fluktuasi harga lobster dunia, (2) Indonesia memiliki keunggulan komparatif pada komoditas lobster dalam perdagangannya di Republik Rakyat Tiongkok, yang ditunjukkan dengan nilai indeks RCA > 1, (3) Daya saing ekspor lobster Indonesia dipengaruhi oleh efek distribusi pasar. Faktor tersebut memiliki nilai rerata terbesar dari ketiga faktor lainnya yaitu sebesar 3,675956839. Kinerja ekspor lobster Indonesia cukup baik dalam memasarkan lobster ke pasar yang memiliki permintaan yang tinggi pada negara importir lobster dunia.
This study aims to determine: (1) the trend of Indonesian lobster exports to the markets of the People's Republic of China and the world, (2) the performance of the export competitiveness of Indonesian lobsters to the People's Republic of China compared to competing countries, (3) the factors that affecting competitiveness and how the factors influence the Indonesian lobster market. This research uses secondary data based on the time series data period of 2010-2019 from UN Comtrade and ITC Trade Map. Analysis of the competitiveness of Indonesian lobster exports. were using the Revealed Comparative Advantage (RCA) method and analysis of factors that affecting competitiveness using the Constant Market Share (CMS) method. The study showed that: (1) the export value of Indonesian lobsters to the world and the People's Republic of China in 2010-2019 tended to increase. There is a difference between the volume of exports and the value of exports in a particular year, this is due to various factors, one of which is the fluctuation of world's lobster prices, (2) Indonesia has a comparative advantage in lobster commodity in its trade in the People's Republic of China, indicated by the RCA index value>1, (3) the competitiveness of Indonesian lobster exports was determined by the market distribution effect. This factor has the largest average value of the three other factors, namely 3,675956839. The study showed that the performance of Indonesian lobster exports is quite good in marketing lobster to markets that have high demand in world lobster importing countries.
Kata Kunci : constant market share (CMS), daya saing, Indonesia, lobster, revealed comparative advantage (RCA). / constant market share (CMS), competitiveness, Indonesia, lobster, revealed comparative advantage (RCA).