Laporkan Masalah

Strategi Pemasaran Homestay Omah Glugu Yogyakarta Dalam Upaya Mempertahankan Eksistensi Di Masa Pandemi Covid-19

MUH NAUFAL RAFIF B, Carlos Iban, S.S., M.Sc.

2021 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Akomodasi merupakan salah satu usaha di bidang pariwisata yang secara tidak langsung terkena dampak dari pandemi Covid-19. Salah satu akomodasi yang ada di Yogyakarta ialah Homestay Omah Glugu. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dijalankan oleh Homestay Omah Glugu Yogyakarta dalam upaya mempertahankan eksistensi di masa pandemi Covid-19. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi partisipatori, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara semi-terstruktur, sedangkan data sekunder didapatkan dari dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang diterapkan Homestay Omah Glugu Yogyakarta di masa pandemi Covid-19 mengalami perbedaan, baik penambahan maupun pengurangan bentuk dan metode yang digunakan.

Accommodation is a part of the tourism industry that is indirectly affected by the Covid-19 pandemic. One of the accommodations in Yogyakarta is Omah Glugu Homestay. The purpose of this research is to find out how the strategy marketing by Omah Glugu Yogyakarta Homestay in an effort to maintain the existence during the Covid-19 pandemic. This research uses descriptive qualitative research, with data collection techniques: participatory observation, interviews, literature study and documentation. The types of data used are primary data and secondary data. Primary data were obtained through observations and semi-structured interviews, while secondary data were obtained from documentation and literature study. The results of this study are the marketing strategy applied by Omah Glugu Yogyakarta Homestay during the Covid-19 pandemic experienced differences, both in addition and subtraction of the forms and methods used.

Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Homestay Omah Glugu Yogyakarta, Covid-19

  1. D3-2021-416445-abstract.pdf  
  2. D3-2021-416445-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-416445-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-416445-title.pdf