Laporkan Masalah

GREENWASHING AND GREEN PURCHASE INTENTIONAN EMPIRICAL ANALYSIS OF CUSTOMER BEHAVIOR IN INDONESIA

MAESYA SHAFIRA P, Amin Wibowo, Ph.D.

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Perusahaan menggunakan pendekatan pemasaran ramah lingkungan untuk mengakomodasi permintaan pasar terhadap barang ramah lingkungan. Perusahaan menggunakan klaim ramah lingkungan untuk meningkatkan citra perusahaan dan menarik minat beli. Namun, klaim tersebut tidak selalu benar dan terkadang cukup menipu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran greenwashing terhadap minat pembelian produk ramah lingkungan mengunakan Theory of Planned Behavior (TPB) oleh Ajzen (1991). Penelitian ini juga menguji peran mediasi dari skeptisisme pada produk ramah lingkungan. Kerangka penelitian pada tesis ini diadopsi dari jurnal oleh Nguyen dkk. (2019) dan Zhang dkk. (2018). Penelitian ini memiliki empat hipotesis dari teori yang digunakan dan dan menguji hubungan antar variabel menggunakan data primer dari survei. Data yang diproses berasal dari 101 respon consumer dari pulau Jawa, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk pengambilan data dan regresi berganda untuk menganalisa data. Hasil empiris pada penelitian ini menunjukkan bahwa dua dari empat hipotesis didukung dan greenwashing terbukti meningkatkan skeptisisme pada produk ramah lingkungan. Serta, ditemukan bahwa pengaruh greenwashing berpengaruh secara tidak langsung terhadap minat pembelian produk ramah lingkungan, yaitu melalui mediasi Sebagian oleh sikap skeptisisme terhadap produk ramah lingkungan. Sementara itu, pengaruh langsung greenwashing terhadap minat pembelian produk ramah lingkungan tidak ditemukan.

Firms address green advertising in accommodating the increase of consumer demands for green products. Corporate use positive environmental claims to increase brand image and attract consumers to purchase their products. However, such claims do not always deliver the promises or sometimes quite deceptive. Such deceptive and selective environmental claims refer to the term "greenwashing". This thesis examined greenwashing's role in green purchase intention based on the theory of planned behavior. Furthermore, this study examined the mediating role of green skepticism. The research framework was adapted from Nguyen et al. (2019) and Zhang et al. (2018). The author developed four hypotheses from the existing theories and assessed the relationship using primary data gathered from the survey. Purposive sampling method used in this study and processed responses were taken from 101 consumers in Java Island, Indonesia. Multiple Regression methods were used to analyze the data. The empirical results found that greenwashing increases consumer skepticism to green products. Furthermore, the findings demonstrate that greenwashing's negative influence on green purchase intention was not found on direct effect, but rather partially mediated by green skepticism. This thesis also suggests some business implications from the findings and provide future research direction.

Kata Kunci : Greenwashing, Green Skepticism, Green Purchase Intention

  1. S2-2020-432648-abstract.pdf  
  2. S2-2020-432648-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-432648-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-432648-title.pdf