Laporkan Masalah

FORMULASI RENCANA STRATEGIS PADA PT. MUSIM PANEN HARMONIS

HESTYRIANI ANISA W, Dr. Rangga Almahendra, S.T., M.M

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Dalam sebuah organisasi, misi dan visi serta sasaran strategis mempunyai peran penting dalam keberlangsungan organisasi bisnis. Hal ini dikarenakan misi dan visi serta sasaran strategis dapat menjadi petunjuk atau memberi batasan kepada sebuah organisasi agar tidak keluar terlalu jauh dari apa yang sudah ditargetkan. Misi dan visi serta sasaran strategis ini kemudian diturunkan menjadi program dan target perusahaan yang tertuang dalam satu dokumen rencana strategis. Seperti halnya pada PT. Musim Panen Harmonis, sebuah perusahaan pemasok minyak atsiri di Indonesia yang sudah berjalan selama 3 tahun dan belum mempunyai dokumen strategis. Dampak yang ditimbulkan adalah tidak adanya arahan untuk melakukan kegiatannya dan selalu berubah-ubah. Penelitian ini bertujuan memformulasikan rencana strategis pada perusahaan PT. Musim Panen Harmonis. Penelitian ini menggunakan metoda deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara semi terstruktur dan focus group discussion secara daring dengan anggota organisasi beserta mitra organisasi. Formulasi misi dan visi menggunakan rerangka milik Collin dan Porras (1996) serta Campbell dan Yeung (1991). Proses perumusan misi dan visi menggunakan alur milik Srinivasan (2014). Hasil dari penelitian ini adalah pernyataan misi, visi, dan sasaran strategis yang dijadikan satu dalam bentuk rencana strategis yang diharapkan dapat membantu organisasi untuk lebih maju kedepannya.

The mission, vision, and strategic objectives have a critical role in the business organization. The mission, vision, and strategic goals can guide or impose limits on an organization, so the organization will not do an activity outside its target. The company's mission, vision, and strategic objectives are obtained into programs and targets as stated in a strategic plan document. PT. Musim Panen Harmonis, an essential oil supplier company in Indonesia, has been running for three years and has no strategic plan documents. The impact is PT. Musim Panen Harmonis has no direction to carry out its activities and is always changing. This study aims to formulate a strategic plan at the PT. Musim Panen Harmonis. This study used a qualitative descriptive method by conducting semi-structured interviews and online focus group discussions with the founder of the organization and partner organizations. The formulation of mission and vision uses the frameworks of Collin and Porras (1996) and Campbell and Yeung (1991). The process of formulating the mission and vision uses Srinivasan's (2014) flow. The results of this research are a statement of the mission, vision, and strategic goals that are put together in the form of a strategic plan which is expected to help the organization move forward in the future.

Kata Kunci : Perumusan Misi dan Visi, Sasaran Strategis, Rencana Strategis

  1. S2-2021-447593-abstract.pdf  
  2. S2-2021-447593-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-447593-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-447593-title.pdf