Laporkan Masalah

Strategi Manajemen Kewirausahaan Sosial oleh Startup Sida Tani Saat Pandemi COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta

UUN NISFATUL LAILI KHUSNA, Dr. Agus Heruanto Hadna, S.IP., M.Si

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Startup Kewirausahaan Sosial Sida Tani adalah sebuah startup yang memberikan solusi kepada petani-petani melalui edukasi, distribusi, dan penguatan petani dan kelompok tani di Daerah Istimewa Yogyakarta. Mengenalkan dirinya sebagai matchmaker, Sida Tani membantu petani bersikap adaptif dan adjustable dalam menyikapi introduksi pengolahan lanjutan dan membantu mereka mendistribusikan serta menjaga kestabilan harga produk pangan dimasa pandemi dengan fokus pada pengolahan pasca panen untuk meningkatkan value added dari hasil panen petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen yang diterapkan pada startup kewirausahaan sosial Sida Tani dalam memberdayakan petani saat pandemi COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan konsep kewirausahaan sosial, manajemen publik, dan strategi sebagai sarana untuk melihat strategi yang berkaitan dengan lingkungan eksternal, misi, dan tujuan startup Sida Tani dalam memberdayakan petani serta menganalisis aspek-aspek umum dan gabungan fungsi manajemen yang diterapkan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan analisis terhadap sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dipahami bahwa strategi manajemen yang diterapkan oleh startup kewirausahaan sosial Sida Tani megadopsi konsep dari manajemen publik tentang bagaimana cara mengatur dan mengelola sumber-sumber daya yang tersedia agar dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien yang ditunjang akuntabilitas demi pemenuhan kebutuhan masyarakat akan barang publik dan jasa publik sesuai dengan prinsip New Public Service. Strategi manajemen yang digunakan dapat dilihat dengan mengidentifikasi inovasi, dukungan petani, dan kendala yang muncul terhadap pelaksanaan Sida Tani dalam mengelola pemberdayaan sosial petani. Sebagai media publik yang menghubungkan antara produsen dan konsumen untuk menyelesaikan pola hubungan yang timpang, startup kewirausahaan sosial Sida Tani diketahui telah banyak memberikan manfaat dan keberdayaan bagi petani mitra dan dampak sosial yang berlangsung dalam masyarakat, entititas perusahaan dan sektor pendidikan melalui strategi manajemennya dalam membangun jejaring. Untuk itu, hal ini menjadi menarik untuk diteliti lebih lanjut. Kata Kunci: Startup Sida Tani, kewirausahaan sosial, manajemen publik, strategi

Social Entrepreneurship Startup Sida Tani is a startup that provide solutions to farmers through education, distribution, and strengthening farmers and farmer groups in the Special Region of Yogyakarta. Introducing itself as a matchmaker, Sida Tani helps farmers being adaptive and adjustable in responding to the introduction of advanced processing and helps them distribute and maintain food product price stability during the pandemic with a focus on post-harvest processing to increase the added value of farmers crops. This study aims to determine the management strategy that applied on the social entrepreneurship startup Sida Tani in empowering farmers during COVID-19 pandemic in the Special Region of Yogyakarta. This study uses the concept of social entrepreneurship, public management, and strategy as a means of looking at strategies that related to the external environment, mission, and goals of Sida Tani startup in empowering farmers and analyzing general aspects and a combination of management functions applied. This research was conducted using a descriptive qualitative approach, with analysis of primary and secondary data sources that obtained through in-depth interviews, observation, and documentation. Based on the results of this study, it can be understood that the management strategy that applied by social entrepreneurship startup Sida Tani adopts the concept of public management on how to organize and manage the available resources so it can be used effectively and efficiently that supported by accountability to fulfill the publics need for public goods and public service in the accordance with the principle of the New Public Service. The management strategy that used can be seen by identifying innovations, farmer support, and the problem that arise on the implementation of Sida Tani in managing the social empowerment of farmers. As a public media that connects between producers and consumers to resolve the unequal relationship patterns, social entrepreneurship startup Sida Tani is known to have provided many benefits and empowerments for partner farmers and social impacts that take place on society, company entities, and education sector through its management strategy in building networks. Therefore, this matter becomes interesting for further research. Keywords: Sida Tani startup, social entrepreneurship, public management, strategy

Kata Kunci : Startup Sida Tani, kewirausahaan sosial, manajemen publik, strategi

  1. S1-2021-413120-abstract.pdf  
  2. S1-2021-413120-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-413120-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-413120-title.pdf