PENGARUH BIAYA IKLAN DAN BIAYA CSR PADA KINERJA PERUSAHAAN
RR MARTHA PUSPITA D, B.M Purwanto, Dr., M.B.A
2021 | Tesis | MAGISTER SAINS MANAJEMENPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh biaya iklan dan biaya CSR pada kinerja perusahaan. Sumber data yang digunakan penelitian ini menggunakan data sekunder. Data pada penelitian ini berasal dari laporan keuangan tahunan perusahaan, sustainbility report, laman resmi masing-masing perusahaan, Philip sekuritas, Thomson Reuters dan OSIRIS. Data yang diperoleh sebanyak 54 perusahaan yang bergerak di sektor keuangan dan non keuangan yang menampilkan biaya iklan dan biaya CSR secara berturut-turut dari tahun 2014-2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya iklan berpengaruh positif pada kinerja pasar perusahaan, sedangkan biaya CSR berpengaruh negatif pada kinerja akuntansi perusahaan.
This study aims to examine the effect of advertising expenditure and CSR expenditure on company performance. The data source used in this research is secondary data. The data in this study came from the company's annual financial reports, sustainability reports, the official website of each company, Philip securities, Thomson Reuters and OSIRIS. The data obtained were 54 companies engaged in the financial and non-financial sectors that displayed advertising expenditure and CSR expenditure respectively from 2014-2018. The results of this study indicate that advertising expenditure have a positive effect on the company's market performance, while CSR expenditure have a negative effect on the company's accounting performance.
Kata Kunci : biaya iklan, biaya csr, kinerja akuntansi, kinerja pasar, kinerja perusahaan