Laporkan Masalah

ANALISIS KESUKSESAN CLOUD-BASED POINT OF SALES PADA USAHA MIKRO

SALSABILA FARAH D, Haryono, Drs., M.Com., Ak., CA.,

2021 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kesuksesan cloud-based POS yang digunakan oleh UMKM, khususnya usaha mikro sektor kuliner di Salatiga berdasarkan Information System Success Model (ISSM). Penelitian ini menguji pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi. dan kualitas layanan melalui penggunaan dan kepuasan pengguna cloud-based POS terhadap nilai tambah yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Responden ditentukan berdasarkan purposive sampling dengan kriteria (1) pemilik/manajer/karyawan kasir pada UMKM sektor kuliner di Salatiga; dan (2) sudah menggunakan cloud-based POS selama lebih dari satu bulan. Analisis data penelitian ini dilakukan menggunakan Structural Equation Model (SEM) melalui GSCA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna. Namun demikian, penggunaan dan kepuasan pengguna saling mempengaruhi satu sama lain secara positif dan signifikan, serta kepuasan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai tambah.

This research aims to assess the success of cloud-based POS used by SMEs, especially the culinary sector, in Salatiga based on the Information System Success Model (ISSM). This research examines the effect of system quality, information quality. and service quality through the use and user satisfaction of cloud-based POS with the added value obtained. This research uses quantitative methods with primary data obtained through questionnaire. Respondents were determined based on purposive sampling with the following criteria: (1) owner/manager/cashier of the culinary sector of SMEs in Salatiga; and (2) have been using cloud-based POS for more than a month. The data analysis of this research was carried out using the Structural Equation Model (SEM) through GSCA. The results of this research indicate that system quality, information quality, and service quality do not have a significant effect on use and user satisfaction. However, use and user satisfaction influence each other positively and significantly, and user satisfaction has a positive and significant effect on added value.

Kata Kunci : analisis kesuksesan, cloud-based POS, Information System Success Model (ISSM), usaha mikro, UMKM

  1. S1-2020-397070-abstract.pdf  
  2. S1-2020-397070-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-397070-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-397070-title.pdf  
  5. S1-2021-397070-abstract.pdf  
  6. S1-2021-397070-bibliography.pdf  
  7. S1-2021-397070-tableofcontent.pdf  
  8. S1-2021-397070-title.pdf