Laporkan Masalah

PENGARUH RELIGIOSITAS CHIEF EXECUTIVE OFFICER (CEO) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA

JUANDA SURYA, Dian Kartika Rahajeng, S.E., M.Sc., Ph.D

2020 | Tesis | MAGISTER SAINS AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh religiositas CEO terhadap kinerja perbankan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah telaah laporan tahunan perusahaan perbankan di Indonesia dari tahun 2015-2019 dan google search untuk mengetahui religiositas CEO. Responden dalam penelitian ini diperoleh sebanyak 88 perusahaan perbankan di Indonesia yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan. Data diuji dengan menggunakan Partial Least Squareuntuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang dipimpin oleh CEO yang religius memiliki kinerja yang lebih baik yang diukur berdasarkan ROA dan ROE perusahaan. Hasil ini menunjukkan bahwa pentingnya religiositas dalam organisasi terutama pada tingkat manajemen puncak untuk mencapai kinerja perusahaan yang lebih baik. Hasil penelitian memberikan penjelasan bahwa religiositas berperan penting dalam sektor bisnis atau perusahaan dan memberikan perkembangan literatur tentang karakteristik CEO berdasarkan religiositasnya terhadap kinerja perusahaan.

The purpose of this study is to examine the effect of CEO religiosity to banking performance in Indonesia. The research method used was a review of the annual reports of banking companies in Indonesia from 2015-2019 and a Google-based search to determine CEO religiosity. Respondents in this study were obtained as many as 88 banking companies in Indonesia that are registered with the Financial Services Authority. Data were tested using Partial Least Square to test the hypothesis. The results showed that companies led by religious CEOs had better performance as measured by the company's ROA and ROE. These results indicate the importance of religiosity in organizations, especially at the top management level to achieve better company performance. Research results showed that religiosity played an important role in the business sector or company and provided a literature development on the characteristics of CEOs based on their religiosity towards company performance.

Kata Kunci : Religiositas, Kinerja Perusahaan, ROA, ROE, CEO

  1. S2-2020-437095-Abstract.pdf  
  2. S2-2020-437095-Bibliography.pdf  
  3. S2-2020-437095-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-437095-Title.pdf