Laporkan Masalah

Pengaruh Persepsi Nilai Islami dan Citra Hotel Pada Niat Menginap di Hotel Sesuai Syariah: Peran Moderasi Religiusitas Islam

DEA FARAHDIBA, Prof. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A., Ph.D.

2021 | Tesis | MAGISTER SAINS MANAJEMEN

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh persepsi nilai Islami yang meliputi atribut fisik Islam dan atribut non-fisik Islam, citra keseluruhan hotel pada niat menginap di hotel sesuai syariah, serta religiusitas Islam sebagai pemoderasi. Data diperoleh melalui survei kepada 163 konsumen muslim di Indonesia yang pernah melakukan wisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta dan belum pernah menginap di hotel sesuai syariah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) untuk menguji kesesuaian model yang dihipotesiskan dengan data yang diperoleh. Pengujian mekanisme moderasi menggunakan analisis simple slope untuk mengetahui kekuatan penggunaan variabel religiusitas Islam sebagai pemoderasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari 6 hipotesis yang diusulkan dalam penelitian ini, hanya 3 hipotesi yang terdukung. Aspek atribut fisik Islam dan citra keseluruhan hotel tidak berpengaruh signifikan pada niat menginap di hotel sesuai syariah. Adapun penggunaan religiusitas Islam yang memberikan hasil tidak memiliki pengaruh apapun terhadap hubungan atribut non-fisik Islam pada niat menginap di hotel sesuai syariah. Temuan penelitian ini juga menemukan bahwa konsumen muslim Indonesia sangat mementingkan atribut non-fisik hotel yang mencakup fasilitas hiburan yang disediakan oleh manajemen hotel pada niat mereka untuk menginap di hotel sesuai syariah, sedangkan fasilitas fisik hotel seperti alat untuk ibadah tidak terlalu diperhatikan oleh konsumen muslim untuk evaluasi pilihan mereka menginap di hotel syariah. Penelitian ini memiliki implikasi empiris dan praktis serta saran penelitian untuk penelitian di masa yang akan datang.

This study is aimed at examining the effect of the perceived Islamic value which includes physical attributes and non-physical attributes of Islam, the overall image of the hotel on the intention to stay at the sharia compliance hotel, and Islamic religiosity as a moderator. The data were obtained through a survey of 163 Muslim consumers in Indonesia who had traveled to the Special Region of Yogyakarta and had never stayed in sharia compliance hotel. Data analysis was performed using Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) to test the suitability of the hypothesized model with the data obtained. Testing the moderation mechanism using the simple slope analysis technique to determine the strength of the use of the Islamic religiosity variable as moderating. The results of data analysis indicate that of the six hypotheses proposed in this study, only 3 hypotheses are supported. The aspects of Islamic physical attributes and the overall image of the hotel do not have a significant effect on the intention to stay at sharia compliance hotel. The use of Islamic religiosity which gives results does not have any influence on the relationship of non-physical attributes of Islamic value to the intention to stay at sharia compliance hotel. The findings of this study also found that Indonesian Muslim consumers place great importance on the non-physical attributes of hotels which include entertainment facilities provided by hotel management on their intention to stay at sharia compliance hotel, while the physical facilities of hotels such as tools for worship are not too paid attention to by Muslim consumers for evaluate their choice of staying at Islamic hotels. This study has empirical and practical implications as well as research suggestions for future research.

Kata Kunci : Nilai Islami, Religiusitas Islam, Wisata Halal, Sharia Compliance Hotel.