Laporkan Masalah

Atensi sebagai Mediator Hubungan Memori Kerja dengan Kesadaran Fonologis pada Anak Usia Dini TK B

TIA DWI YUNITA, Supra Wimbarti, M.Sc., Ph.D

2021 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI

Di masa emas anak, kesadaran fonologis anak menjadi penting karena merupakan prediktor kemampuan membaca yang mana melibatkan atensi dan memori kerja anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran atensi sebagai mediator dalam hubungan antara memori kerja dan kesadaran fonologis anak. Metode yang digunakan berupa pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data menggunakan Phonological Awareness Assessment Probes, Backward Recall Test, dan Stroop Test. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda melalui Macro PROCESS dengan bantuan program SPSS 25.0. Partisipan penelitian ini adalah anak TK B berusia 5-6 tahun, sebanyak 35 siswa (N = 35). Hasil uji mediasi pada penelitian ini, jalur a (p = 0,0001) dan jalur b (p = 0,0138) signifikan, sedangkan jalur c' (p = 0,0741) tidak signifikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa atensi mampu berperan sebagai mediator sempurna terhadap hubungan memori kerja dan kemampuan kesadaran fonologis anak.

In the golden age of children, children's phonological awareness became important because it was a predictor of reading ability which involved children's attention and working memory. This study aims to determine the role of attention as a mediator in the relationship between working memory and children's phonological awareness. The method used is a quantitative approach by collecting data using Phonological Awareness Assessment Probes, Backward Recall Test, and Stroop Test. The analysis was performed using multiple regression analysis through Macro PROCESS with the help of the SPSS 25.0 program. The participants of this study were 31 students of Kindergarten B aged 5-6 years (N = 31). The results of the mediation test in this study, path a (p = 0.0001) and line b (p = 0.0138) are significant, while path c '(p = 0.0741) is not significant. Therefore, it can be concluded that attention can act as a perfect mediator of the relationship between working memory and children's phonological awareness abilities.

Kata Kunci : attention, working memory, phonological awareness, early childhood

  1. S2-2021-422314-abstract.pdf  
  2. S2-2021-422314-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-422314-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-422314-title.pdf