Laporkan Masalah

Manajemen Privasi Layanan Konsultasi Kesehatan Di Media Sosial (Studi Kasus Pada UNALA Sebagai Penyedia Layanan Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja Di Media Whatsapp Dan Google Meet)

ACHMAD FAROUQ RIFQI, Dr. Rajiyem, S.I.P., M.Si

2021 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASI

Topik komunikasi kesehatan di media sosial turut membawa pembahasan penting di bidang perlindungan privasi. Banyak layanan kesehatan yang merubah metode akses kesehatan dari model offline menjadi model online. Yayasan Siklus Sehat Indonesia menjadi salah satu lembaga yang memanfaatkan media sosial yaitu whatsapp dan google meet untuk memberikan konsultasi kesehatan yang dikemas dalam program UNALA. Dengan topik sensitif yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi remaja, UNALA dituntut untuk mengelola layanan dengan memperhatikan aspek perlindungan privasi pada remaja pengakses layanan. Penelitian ini membahas bagaimana UNALA menuangkan konsep manajemen privasi melalui pembentukan Standar Operasional Prosedur dalam layanan konsultasi online, pelatihan pada admin/CS media sosial, membuat manual book untuk para mitra dokter online. Manajemen privasi dalam layanan UNALA ini menggunakan mekanisme yang bersumber dari regulasi hukum, regulasi etis dan peningkatan privasi berbasis teknologi.

The topic of health communication on social media also brings important discussions in the field of privacy protection. Many health services have changed their health access method from offline to online. Yayasan Siklus Sehat Indonesia is one of the institutions that uses social media, namely whatsapp and google meet, to provide health consultations in the UNALA program. With sensitive topics related to adolescent reproductive health, UNALA is required to manage services by paying attention to aspects of privacy protection for adolescent who access services. This research discusses how UNALA expresses the concept of privacy management throught the establishment of standard operating procedures in online consulting services, trains social media's admin/CS and creats manual books for online doctor partners. Privacy management in UNALA's services uses mechanisms sourced from legal regulations, ethical regulations and technology-based privacy enhancement.

Kata Kunci : Manajemen Privasi, UNALA, Konsultasi Online, Media Sosial

  1. S2-2021-422337-abstract.pdf.pdf  
  2. S2-2021-422337-bibliography.pdf.pdf  
  3. S2-2021-422337-tableofcontent.pdf.pdf  
  4. S2-2021-422337-title.pdf.pdf