Laporkan Masalah

Peran Tekanan, Kesempatan, dan Moral Disengagement terhadap Ketidakjujuran Akademik pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada

KURNIAWAN RAMADAN, Hardo Basuki, Dr., M.Soc.Sc., CSA., CA.

2021 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dari tekanan, kesempatan, dan moral disengagement terhadap ketidakjujuran akademik pada mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dalam pengumpulan data. Responden penelitian ini adalah 177 mahasiswa akuntansi yang terdiri dari 60 responden laki-laki dan 117 responden perempuan. Variabel dependen diukur menggunakan Skala Ketidakjujuran Akademik, sedangkan variabel independen diukur menggunakan Skala Tekanan, Skala Kesempatan, dan Skala Moral Disengagement. Hasil menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen yaitu tekanan, kesempatan, dan moral disengagement berperan positif terhadap ketidakjujuran akademik.

The purpose of this quantitative study was to analyze the role of pressure, opportunity, and moral disengagement in academic dishonesty among accounting students at Faculty of Economics and Business, Universitas Gadjah Mada. This study used survey method in collecting the data. Participants were 177 accounting students that consist of 60 males and 117 females. Dependent variable was measured using Academic Dishonesty Scale. Meanwhile, independent variable was measured using Pressure Scale, Opportunity Scale, and Moral Disengagement Scale. Result showed that pressure, opportunity, and moral disengagement have positive contribution to academic dishonesty respectively.

Kata Kunci : Ketidakjujuran Akademik, Tekanan, Kesempatan, Moral Disengagement, Mahasiswa Akuntansi

  1. S1-2021-381957-abstract.pdf  
  2. S1-2021-381957-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-381957-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-381957-title.pdf