Laporkan Masalah

Sokola Institute dalam Perspektif Pendidikan Dialogis Paulo Freire

MUHAMMAD NAJEB M A, Dr. RR. Siti Murtiningsih; Dr. Hastanti Widy Nugroho

2021 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Penelitian ini berjudul Sokola Institute dalam Perspektif Pendidikan Dialogis Paulo Freire. Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi pada kondisi komunitas masyarakat adat serta komunitas masyarakat yang terbatas dalam mendapat akses pendidikan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan model pendidikan Sokola Institute yang diterapkan pada masyarakat adat serta masyarakat marjinal. Penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis model pendidikan Sokola Institute dalam perspektif pendidikan dialogis Paulo Freire. Maka dari itu perlu sebuah kajian dengan teori analisis yang sesuai. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan buku maupun jurnal sebagai referensi yang berkaitan dengan penerapan dan perkembangan konsep-konsep teori Pendidikan Dialogis Paulo Freire. Objek material penelitian ini adalah Sokola Institute yang merupakan lembaga yang bergerak dengan fokus program pendidikan kontekstual. Penelitian ini berjalan melalui empat tahap yaitu, inventarisasi, klasifikasi, analisis, dan evaluasi kritis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan empat unsur deskripsi, interpretasi, komparasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan model Sokola Institute dengan analisis pendidikan dialogis Paulo Freire. Model pendidikan Sokola Institute merupakan bentuk Pendidikan kontekstual yang dibangun bersama masyarakat adat serta masyarakat marjinal melalui metode serta pendekatan yang dialogis. Selain itu juga digunakan pendekatan melalui kearifan lokal.

This research is entitled Sokola Institute in Paulo Freire's Dialogical Education Perspective. This research is motivated by the conditions in the community of indigenous peoples and communities who have limited access to education. The purpose of this study is to describe the Sokola Institute's educational model applied to indigenous peoples and marginalized communities. This study identifies and analyzes the Sokola Institute's educational model in the perspective of Paulo Freire's dialogic education. Therefore, a study with appropriate analytical theory is needed. This research is a literature research that uses books and journals as a reference related to the application and development of the concepts of dialogueal education theory Paulo Freire. The material object of this research is the Sokola Institute which is an institution that moves with the focus of contextual education programs. This research runs through four stages, inventory, classification, analysis and critical evaluation. Data analysis is carried out using the following four elements, description, interpretation, comparison and reflection. The results of this research describe the Sokola Institute model with Paulo Freire's dialogic education analysis. The Sokola Institute education model is a form of contextual education that is built with indigenous peoples and marginalized communities through dialogical methods and approaches. In addition, an approach through local wisdom is also used.

Kata Kunci : pendidikan dialogis, pendidikan kontekstual, dan Sokola Institute/ dialogueal education, contextual education and Sokola Institute.

  1. S1-2021-340303-abstract.pdf  
  2. S1-2021-340303-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-340303-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-340303-title.pdf