Laporkan Masalah

KONSEP PENDIDIKAN KE-MUHAMMADIYAH-AN DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN PERENIALISME

EKO SETIAWAN, Dr. Rr. Siti Murtiningsih

2021 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Penelitian ini berjudul Konsep Pendidikan Ke-Muhammadiyah-an dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Perenialisme. Pendidikan Muhammadiyah merupakan Pendidikan Islam modern yang mengintegrasikan agama dengan kehidupan dan antara iman dan kemajuan yang holistik yang sejalan dengan nilai-nilai aliran pendidikan Perenialisme, yang menghendaki agar pendidikan kembali dan tetap memuat semangat abad pertengahan. Sikap ini bukanlah nostalgia tetapi telah berdasarkan keyakinan bahwa kepercayaan-kepercayaan tersebut aktual di era modern ini. Menurut Perenialisme, kenyataan tertinggi itu berada di balik alam yang bersifat penuh kedamaian dan spiritual. Tuhan sumber nilai dan oleh karenanya bersifat teologis. Semangat pendidikan Muhammadiyah adalah terbentuknya karakter pribadi muslim yang memiliki jiwa akhlak, kemandirian individu, dan berjiwa sosial. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan mengenai Pendidikan Ke-Muhammadiyah-an dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode hermeneutik-filosofis dengan unsur-unsur metodis yakni: interpretasi, deskripsi, dan analisis sintesis. Hasil yang dicapai pada penelitian ini ada dua. Pertama, pemahaman mengenai konsep nilai-nilai Pendidikan Ke-Muhammadiyah-an, kurikulum, serta landasan filosofis yang dianut. Kedua, relevansi Pendidikan Ke-Muhammadiyah-an dalam filsafat pendidikan perenialisme

This research is entitled Muhammadiyah's Education Concept in Perennialism Educational Philosophy Perspective. Muhammadiyah education is a modern Islamic education that integrates religion with life and between faith and holistic progress that is in line with the values of the Perennialism education stream, which requires education to return and still contain the spirit of the middle ages. This attitude is not nostalgic but has been based on the belief that these beliefs are actual in this modern era. According to Perennialism, the ultimate reality lies behind the peaceful and spiritual nature. God is the source of value and is therefore theological. The spirit of Muhammadiyah education is the formation of a Muslim personal character who has a moral spirit, individual independence, and has a social spirit. This study uses literature research on Muhammadiyah Education with a qualitative approach. This research uses the hermeneutic-philosophical method with methodical elements, namely: interpretation, description, and synthesis analysis. The results achieved in this study are twofold. First, understanding the concept of Muhammadiyah's Education values, curriculum, and the philosophical foundation adopted. Second, the relevance of Muhammadiyah's Education in the philosophy of perennial education

Kata Kunci : Filsafat Pendidikan, Perenialisme, Pendidikan Ke-Muhammadiyah-an

  1. S1-2021-352152-abstract.pdf  
  2. S1-2021-352152-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-352152-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-352152-title.pdf