Laporkan Masalah

Analisis Implementasi Organisasi Pembelajaran pada UPT Badan XYZ dengan Pendekatan Marquardt

RISNO ARIEF A, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Organisasi Pembelajaran adalah organisasi yang belajar dengan kuat dan secara kolektif, yang terus-menerus mentransformasi dirinya menjadi lebih baik dalam mengumpulkan, mengatur, dan menggunakan pengetahuan demi kesuksesan organisasi (Marquardt, 1996). Organisasi Pembelajaran memberdayakan orang-orang baik di dalam maupun di luar organisasi untuk belajar saat bekerja. Optimalisasi pembelajaran maupun produktivitas dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Marquardt (2002) mengidentifikasi lima subsistem yang perlu dipahami dan dikembangkan dalam organisasi agar sebuah organisasi menjadi dan dapat mempertahankan Organisasi Pembelajaran, yaitu Dinamika Pembelajaran, Transformasi Organisasi, Pemberdayaan Manusia, Pengelolaan Pengetahuan, dan Penerapan Teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain deskriptif yang bertujuan untuk mengukur implementasi Organisasi Pembelajaran di UPT Badan XYZ, mengidentifikasi elemen/komponen Organisasi Pembelajaran yang masih perlu diperbaiki, dan mengidentifikasi unit mana yang masih perlu meningkatkan implementasi Organisasi Pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner serta melalui wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UPT Badan XYZ merupakan suatu Organisasi Pembelajaran berdasarkan pendekatan Marquardt (2002) yang diukur menggunakan instrumen Profil Organisasi Pembelajaran dengan skor berkategori Sangat Baik pada seluruh subsistemnya. Subsistem Manusia menjadi subsistem dengan skor tertinggi sementara subsistem Pengetahuan menjadi subsistem dengan skor terendah. Hasil wawancara juga konsisten dengan hasil kuesioner yang menunjukkan bahwa subsistem Pengetahuan perlu diperkuat khususnya pada komponen Akuisisi, komponen Analisis dan Penggalian Data, serta komponen Transfer, Diseminasi, Penerapan, dan Validasi. Adapun jika dilihat masing-masing unit, terdapat 3 unit yang perlu melakukan peningkatan subsistem Organisasi Pembelajaran, yaitu subsistem Pembelajaran dan subsistem Pengetahuan pada UPT Balikpapan, serta subsistem Pengetahuan pada UPT Makassar dan UPT Cimahi. Saran yang diberikan adalah memasukkan produk dan/atau proses yang berada di luar fungsi organisasi agar dapat meningkatkan kinerja organisasi, membuat program/proyek demonstrasi sebagai sarana untuk menguji cara baru dalam mengembangkan produk layanan, serta membentuk tim lintas fungsi yang digunakan untuk mentransfer pembelajaran penting ke seluruh suborganisasi.

Learning Organization is a collective and robust organization that continuously transforms itself into gathering, helping, and using organizational success knowledge (Marquardt, 1996). Learning Organizations empower people both inside and outside of the organization to learn on the job. Optimization of learning and productivity is carried out by utilizing technology. Marquardt (2002) identifies the subsystems that need to be implemented and developed to become and maintain a Learning Organization, namely Learning Dynamics, Organizational Transformation, Human Empowerment, Knowledge Management, and Technology Application. This research is research with a descriptive design. It aims to measure the Learning Organization's implementation at the UPT Badan XYZ, identify elements/components of the Learning Organization that still need, and identify which units still need to improve the Learning Organization implementation. The data was collected through a questionnaire and structured interviews. The results showed that the UPT Badan XYZ is a Learning Organization based on the Marquardt (2002) approach, measured using the Learning Organization Profile instrument with an excellent category score in all its subsystems. The human subsystem becomes the subsystem with the highest score, while the Knowledge subsystem becomes the subsystem with the lowest score. The interview results are also consistent with the questionnaire results, showing that the Knowledge subsystem needs to include an Acquisition component, a Data Analysis, Extraction component, and a Transfer, Dissemination, Application, and Validation component. As for each unit, three units need to improve the Learning Organization subsystem. They are the Learning subsystem and the Knowledge subsystem at UPT Balikpapan, and the Knowledge subsystem at UPT Makassar and UPT Cimahi. The advice given is to include products and services outside the organization's functions to improve organizational performance, create programs/projects to test new ways of developing products, and form cross-functional teams to transfer meaningful learning across sub-organizations.

Kata Kunci : Organisasi Pembelajaran, Subsistem Pembelajaran, Subsistem Organisasi, Subsistem Manusia, Subsistem Pengetahuan, Subsistem Teknologi, Learning Organization, Learning Subsystem, Organizational Subsystem, Human Subsystem, Knowledge Subsystem, Technology Sub

  1. S2-2021-447645-abstract.pdf  
  2. S2-2021-447645-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-447645-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-447645-title.pdf