Laporkan Masalah

MEDIA SOSIAL DALAM AKTIVITAS HUMAS KEPOLISIAN (Studi Kasus Pengelolaan Media Sosial oleh Humas Polresta Banyumas sebagai Media Komunikasi Kepolisian)

Aninda Sofi Aura, Drs. I Gusti Ngurah Putra, M.A

2021 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Penelitian ini membahas aktivitas Humas Polresta Banyumas dalam mengelola media sosial sebagai media komunikasi kepolisian, yang dilatar belakangi oleh fenomena pemanfaatan media sosial di bidang kehumasan. Dalam proses pemanfaatannya, humas membutuhkan pengelolaan atau manajemen untuk mencapai tujuan pemanfaatan secara efektif dan efisien. Humas Polresta Banyumas dipilih sebagai objek penelitian, karena pengelolaan media sosial menjadi program prioritas pada dua periode kepemimpinan Kapolri terakhir. Media sosial Polresta Banyumas memiliki kelebihan seperti aktif dalam melakukan unggah informasi, mendapat penghargaan di bidang media sosial, serta unggul dari Polresta lain di Jawa Tengah. Pembahasan pada penelitian ini menyajikan bahasan aktivitas humas dalam tahap manajemen media sosial menurut Kominfo, yang terdiri dari: penyusunan program media sosial, pembuatan konten, distribusi konten dan evaluasi kegiatan media sosial. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa Humas Polresta Banyumas hanya berfokus pada tahap pembuatan dan distribusi konten, dengan proses pengelolaan termasuk dalam kategori dasar.

This research discusses the activities of Public Relations of Polresta Banyumas in managing social media as a police communication medium, which is motivated by the phenomenon of the use of social media in the field of public relations. In the utilization process, public relations requires management in order to achieve effective and efficient goals Public Relations of Polresta Banyumas was chosen as the object of research, because social media management was a priority program in the last two periods of the Chief of Police's. Social media of Polresta Banyumas has advantages such as being active in uploading information, getting awards in the field of social media, and being superior to other Polresta in Central Java. The discussion in this study presents a discussion of public relations activities in the social media management stage according to Kominfo, which consists of: social media programming, content creation, content distribution and evaluation of social media activities. The method used is the case study method. The results showed that Public Relations of Polresta Banyumas only focused on the content creation and distribution stages, with the management process included in the basic category.

Kata Kunci : Humas, Humas Kepolisian, Media Sosial, Pengelolaan Media Sosial.

  1. S1-2021-378633-abstract.pdf  
  2. S1-2021-378633-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-378633-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-378633-title.pdf