Laporkan Masalah

EVALUASI EFEKTIVITAS SISTEM PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN DALAM MENUNJANG PENGENDALIAN INTERN (Studi Kasus CV Anni Bakery di Kabupaten Karawang Jawa Barat)

EMILIA LUPITA SARI, Dina Natasari, S.E., M.Si., Ak., CA

2021 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

Karyawan merupakan unsur yang paling terpenting dalam suatu perusahaan. Karyawan harus mendapatkan kesejahteraan yang baik melalui pemberian gaji dan upah sesuai dengan kinerja masing-masing. Guna mendapatkan sistem serta prosedur yang baik dan benar dalam penggajian, perusahaan harus mempunyai sistem informasi yang cepat dan akurat berupa Sistem Informasi Akuntansi serta pengendalian intern. CV Anni Bakery merupakan perusahaan yang bergerak di sektor pangan berupa pabrik roti di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. CV Anni Bakery telah menerapkan Sistem Informasi Akuntansi namun masih terdapat beberapa masalah dalam pengaplikasiannya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sistem penggajian dan pengupahan pada CV Anni Bakery untuk menunjang pengendalian intern. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal atas sistem penggajian yang dilakukan CV Anni Bakery telah sesuai dengan komponen dan prinsip pengendalian internal menurut framework COSO.

Employees are the most important element in a company. Employees must get good welfare throught the provision of salaries to obtain a good and correct system and procedures for payroll, a company must have a fast and accurate information system in the form of an accounting information system and internal control. CV Anni Bakery is a company engaged in the food sector in the form of a bakery factory in Karawang Regency, West Java. CV Anni Bakery has implemented an Accounting Information System but there are still some problems in its application. Therefore this study aims to determine the effectiveness of the system of payroll and wages at CV Anni Bakery to support internal control. This research method is a qualitative descriptive method. Data collection techniques used were observation, interviews, documentation, and literature study. The results of this study indicate that the internal control system for the payroll system carried out by CV Anni Bakery is in accordance with the components and principles of internal control according to COSO framework.

Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Pengendalian Intern, Penggajian dan Pengupahan / Accounting Information System, Internal Control, Payroll and Wages

  1. D3-2021-384352-abstract.pdf  
  2. D3-2021-384352-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-384352-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-384352-title.pdf