ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI PADA KONVEKSI LAYN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING
KRISNA ARDYAN W, Faridiah Aghadiati Fajri, M.Acc., Ak., CA
2021 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSIHarga Pokok Produksi (HPP) merupakan daftar biaya produksi yang harus dikeluarkan perusahaan pada periode tertentu. Didalamnya terkait dengan biaya pengadaan bahan baku, alat produksi, bahan pendukung produksi dan lain sebagainya. Perhitungan Harga Pokok Produksi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan melihat ketatnya persaingan antar perusahaan dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas namun dengan harga yang bersaing. Konveksi Layn menetapkan harga jual produk kaosnya dengan harga yang bersaing di pasaran namun tetap berusahan menjaga kualitas produk yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil perhitungan harga pokok produksi kaos konveksi Layn dengan menggunakan metode “full costing†untuk mengetahui apakah keuntungan yang didapat pemilik Konveksi Layn sudah sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung dengan pemilik. Berdasarkan pengamatan dan penelitian, Konveksi Layn belum mempertimbangkan seluruh komponen biaya produksi sepertinya halnya biaya overhead pabrik variabel dan biaya overhead pabrik tetap, yang mengakibatkan adanya kekeliruan atau kurang tepatnya penentuan harga pokok produksi. Hal ini mengakibatkan adanya mark-down pada Konveksi Layn. Perhitungan menurut metode full costing ini, menunjukan harga jual yang selama ini ditetapkan oleh konveksi Layn tetap bisa dilanjutkan bila harga jual yang dinilai terlalu tinggi. Sebagai rekomendasi, metode Full Costing ini dapat menyusun harga jual baru yang lebih akurat.
Cost of Production is a list of production costs that the company must pay for a certain period. In it related to the cost of procuring raw materials, production equipment, production support materials and so on. The calculation of the Cost of Production is an important thing that needs to be considered in view of the intense competition between companies in producing quality products but at competitive prices. Layn convection sets the selling price of its t-shirt products at competitive prices in the market but still tries to maintain the quality of its products. This study aims to analyze the results of the calculation of the cost of goods manufactured by Layn convection shirts using the "full costing" method to determine whether the benefits obtained by the owner of Layn Convection are as expected. This study uses qualitative methods with primary data obtained through interviews and direct observation with the owner. Based on observations and research, Layn Convection has not considered all components of production costs, such as variable factory overhead costs and fixed factory overhead costs, which have resulted in errors or inaccuracies in determining the cost of goods manufactured. This resulted in a mark-down on the Convection Layn. The calculation according to this full costing method shows that the selling price that has been set by the Layn convection can still be continued if the selling price is considered too high. As a recommendation, this Full Costing method can compile a new, more accurate selling price.
Kata Kunci : Harga Pokok Produksi, Konveksi, Full Costing