Driving Beverage Consumers to Continue Using Tumbler Bottles in Jakarta Metropolitan Area
ANNISA SHAFIRA T, Bayu Aji Aritejo, S.E., M.M., M.Si., Ph.D.
2021 | Skripsi | S1 MANAJEMENTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji berbagai faktor pendorong niat seseorang untuk terus menggunakan botol Tumbler. Faktor pendorong tersebut meliputi kepedulian lingkungan, pengaruh sosial, norma moral, kebiasaan, kenyamanan, dan kondisi fasilitasi yang dirasakan. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah botol Tumbler. Metode pengambilan sampel yang diteliti adalah non-probability sampling dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah individu, dalam rentang usia 15-54 tahun yang berdomisili di JABODETABEK dan pernah menggunakan botol Tumbler, sebanyak 285 orang. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua faktor tersebut terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap niat untuk terus menggunakan botol Tumbler. Namun, norma moral ditemukan sebagai pendorong paling signifikan dari niat seseorang untuk terus menggunakan Tumbler dibandingkan yang lain, sementara kondisi fasilitasi yang dirasakan terbukti paling sedikit.
The purpose of this study is to analyze the drivers to an individual�s intention to continue using Tumbler bottles. The driving factors are environmental concern, social influence, moral norms, habits, convenience, and perceived facilitating conditions. The object that is being studied in this research is Tumbler bottle. The collection method of the sample being studied is non-probability sampling using purposive sampling as the sampling technique. There are 285 responses obtained from the research samples, taken from individuals who are in the age range of 15-54 years old, residing in the Jakarta Metropolitan Area, and have used Tumbler bottles before. The method of analysis used is multiple linear regression. The results showed that all of the mentioned drivers are proven to affect significantly positive towards the intention to continue using Tumbler bottles. However, moral norm is found to be the most significant driver of one�s intention to continue using Tumbler compared to the rest, while perceived facilitating conditions is shown to be the least.
Kata Kunci : Tumbler, Environmental Concern, Convenience, Habits, Perceived Facilitating Conditions, Social Influence, Moral Norms, Usage Continuation Intention