Laporkan Masalah

Persepsi Pengunjung Terhadap Kualitas Ruang Terbuka Hijau Taman Balekambang di Kota Surakarta

NANDA KUNTUM NUR S, Mukhlison, S.Hut., M.Sc.

2021 | Skripsi | S1 KEHUTANAN

Ruang terbuka hijau memiliki fungsi ekologis, sosial, ekonomi dan estetika, RTH juga memiliki peran penting dalam pembangunan perkotaan. Salah satu faktor keberhasilan pembangunan RTH adalah adanya peran serta masyarakat yang berkunjung langsung menikmati manfaat RTH, baik masyarakat sekitar maupun masyarakat daerah lain. Peran serta masyarakat dapat ditunjukkan melalui hasil persepsi pengunjung. Berdasarkan persepsi pengunjung tersebut, pengelola dapat mengembangkan RTH sesuai masukan pengunjung. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap kualitas ruang terbuka hijau Taman Balekambang di Kota Surakarta. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada sejumlah responden yang dipilih dengan teknik perandoman, baik pada saat uji coba kuesioner maupun pada saat pengambilan data penelitian. Uji coba kuesioner dilakukan pada 30 responden yang merupakan bagian dari populasi target penelitian. Setelah kuesioner lolos uji validitas dan reliabilitas, maka kuesioner baru dapat digunakan untuk pengambilan data penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang pengunjung Taman Balekambang yang berkunjung pada Agustus 2020. Jumlah sampel tersebut dihitung dengan menggunakan Rumus Slovin. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dan diberikan persentase nilai untuk dibuat tabel berdasarkan skoring dengan skala Likert. Setelah itu dilakukan uji chi-square untuk mengetahui hubungan antara persepsi dengan karakteristik pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunjung Taman Balekambang memiliki nilai persepsi yang termasuk dalam kategori baik pada semua aspek. Hasil uji chi square menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi pengunjung pada aspek kepuasan aktifitas dengan tingkat pendidikan pengunjung dan hubungan antara persepsi pengunjung pada aspek kondisi kebersihan dengan pekerjaan pengunjung.

Green open space has ecological, social, economic and aesthetic functions, green open space also plays an important role in urban development. Public participation is one of the factors affecting the success of green open space development by enjoying the benefits of the green open space, which the visitors are from Surakarta and outside the city. Public participation can be demonstrated by the result of visitors perception. By knowing the visitors perception, the park management could develop the green open space. The objective of this research is knowing visitors perceptions regarding the green open space quality of Balekambang Park in Surakarta. This research used descriptive quantitative method. The research instrument used was a questionnaire. The technique of determining the number of respondents is done by random technique. Validity and reliability tests were carried out before data collection so that the questionnaire was valid and reliable. The number of samples in the study were 100 visitors of Balekambang Park in August 2020 which determined by using the Slovin technique. Data collected every day by the time grouped (morning, afternoon and evening group). The data was analyzed, converted into percentage value, and graphed based on scoring with the Likert method. Chi square test was conducted to understand the correlation between visitor's perception and their characteristics. The results showed that visitors of Balekambang Park had a good perception value in all aspects. The results of the chi square test showed there is a significant relationship between visitors perceptions on the activity satisfaction aspect with the visitors educational background and the relationship between visitors perceptions on sanitation aspect and visitors job

Kata Kunci : ruang terbuka hijau, persepsi pengunjung,Taman Balekambang

  1. S1-2021-398348-Abstract.pdf  
  2. S1-2021-398348-Bibliography.pdf  
  3. S1-2021-398348-Tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-398348-Title.pdf