Laporkan Masalah

ANALYSIS OF INVENTORY MANAGEMENT IN PRODUCTION, A STUDY AT BLANCO COFFEE AND BOOKS KRANGGAN YOGYAKARTA

ROMY ALI ABDURRAHMAN, Wakhid Slamet Ciptono, M.B.A., M.P.M., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Penelitian ini dibangun dengan tujuan untuk menganalisis efektifitas pengelolaan persediaan bahan baku saat ini dalam proses produksi Kopi Blanco dan Buku Kranggan Yogyakarta. Pengelolaan persediaan mempunyai tujuan yang sederhana, yaitu menjaga keseimbangan bahan baku yang tersedia agar tidak menimbulkan penumpukan stok atau menghentikan proses produksi karena bahan baku tidak mencukupi. Makalah ini menganalisis komponen utama pembelian bahan baku saat ini, kuantitas dan frekuensi berdasarkan prosedur operasional yang ada dan berfokus pada biaya individu yang dikeluarkan berdasarkan proses masing-masing individu. Manajemen persediaan yang efektif tidak hanya akan memenuhi harapan pelanggan, tetapi dapat melampauinya dengan mengurangi biaya berlebihan yang timbul selama proses pemesanan persediaan dan memungkinkan perusahaan untuk mengalokasikan biaya di tempat lain, baik dalam pengembangan produk atau kegiatan bisnis lainnya.

This research was constructed in order to analyze the effectivity of the current inventory management of raw materials in the production process of Blanco Coffee and Books Kranggan Yogyakarta. Inventory management have a simple goal, which is to maintain the balance of readily available raw materials so as to not create stock-piling nor halt production process due to insufficient raw materials. This paper analyzes the current main component of raw materials purchases, quantity and frequency based on the existing operational procedure and focuses on the individual costs incurred based on each individual processes. Effective inventory management will not only meet customers� expectation, but can exceed it by reducing redundant costs incurred during the process of ordering the inventories and allow the company to allocate the costs elsewhere, whether in product development or other business activities.

Kata Kunci : Management, Manajemen, Operations, Operational, Operasi, Inventory, Inventori, Study, Studi, Cafe, Yogyakarta, Kranggan