Laporkan Masalah

Presentasi Diri dan Pesan Kecantikan Beauty Vlogger ( Analisis Isi Kualitatif Presentasi Diri Beauty Vlogger dalam Menyampaikan Pesan Kecantikan melalui Make-up Tutorial) Self-Presentation and Beauty Message of Beauty Vlogger ( Qualitative Content Analysis of the Beauty Vlogger Self-Presentation in Delivering Beauty Message Through Make-up Tutorial)

DESTYAN CAHYA A, Dr. Rahayu, S.I.P, M.Si., M.A

2021 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan popularitas beauty vlogger di Indonesia yang semakin meningkat tiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggambaran startegi presentasi diri beauty vlogger dalam menyampaikan make-up tutorial dan juga untuk mengetahui pesan kecantikan yang ditampilkan oleh beauty vlogger melalui video make-up tutorial. Rangkaian video make-up tutorial ini dianalisis menggunakan konsep self-presentation behavior dari Schneider (1981) dan juga konsep six beauty type dari Michael R. Solomon, Richard D. Ashmore dan Laura C. Longo (1992). Metode analisis isi kualitatif akan digunakan dalam penelitian ini dengan cara membandingkan dua beauty vlogger Indonesia yaitu Kiara Leswara dan Suhay Salim. Hal ini untuk memberi pandangan yang lebih baik guna melihat keenderungan strategi presentasi diri yang digunakan dan pesan kecantikan yang ditampilkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rangkaian video make-up tutorial Kiara Leswara dan Suhay Salim telah menunjukan presentasi diri dalam menyampaikan make-up tutorial dan pesan kecantikan yang ditampilkan keduanya. Pada presentasi diri didapatkan bahwa Kiara Leswara dan Suhay Salim menunjukan karakternya sebagai ciri khas untuk mendapatkan kesan positif. Kemudian pada pesan kecantikan yang ditampilkan Kiara Leswara cenderung menampilkan tipe kecantikan classic beauty/feminim sedangkan Suhay Salim cenderung menampilkan tipe kecantikan trendy.

This research is based on by the development of the popularity of beauty vloggers in Indonesia which is increasing every year. This study aims to determine the description of the beauty vlogger self-presentation strategy in delivering make-up tutorials and also to find out the beauty messages displayed by the beauty vlogger through make-up tutorial videos. This video make-up tutorial series was analyzed using the concept of self-presentation behavior from Schneider (1981) and also the concept of the six beauty type from Michael R. Solomon, Richard D. Ashmore and Laura C. Longo (1992). The qualitative content analysis method will be used in this study by comparing two Indonesian beauty vloggers, namely Kiara Leswara and Suhay Salim. This is to provide a better view of the trends in self-presentation used and the beauty messages displayed. The results of this study indicate that a series of make-up tutorial videos by Kiara Leswara and Suhay Salim have demonstrated self-presentation in conveying make-up tutorials and beauty messages. In the self-presentation, it was found that Kiara Leswara and Suhay Salim showed their character as a characteristic to get a positive impression. Then in the beauty message displayed by Kiara Leswara, she tends to show the classic beauty / feminine type of beauty, while Suhay Salim tends to show the trendy type of beauty.

Kata Kunci : Analisis isi kualitatif, Beauty Vlogger, Presentasi diri, Kecantikan, Make-up tutorial

  1. S1-2020-394583-abstract.pdf  
  2. S1-2020-394583-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-394583-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-394583-title.pdf