Pengaruh Cognitive Load dan Emosi Akademik terhadap Motivasi Belajar dengan Metode Daring pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
SITTA AYU KARUNIA, Budi Andayani, Dr., M.A., Psikolog
2021 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESIMotivasi dibutuhkan di dalam kegiatan pembelajaran agar dapat mendorong keinginan serta sebagai penggerak pada diri siswa dalam kegiatan belajar. Motivasi belajar merupakan daya penggerak ataupun dorongan seseorang dalam menjalankan proses pembelajaran. Kegiatan belajar diartikan sebagai bagian dari belajar, yang dapat dilihat dalam tiga bagian yakni kognitif, afektif serta psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh cognitive load dan emosi akademik terhadap motivasi belajar dengan metode daring pada siswa sekolah menengah pertama. Subjek penelitian berjumlah 410 siswa sekolah menengah pertama dari dua sekolah di Kota Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimental dengan metode survei secara online. Adapun alat ukur yang digunakan yakni skala motivasi belajar, skala cognitive load, dan skala emosi akademik. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cognitive load dan emosi akademik secara signifikan mampu berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan metode daring sebesar 65% dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05).
Motivation is needed in learning activities that can encourage the desire as well as movers in the students in learning activities. Learning motivation is a driving force or impulse of a person in carrying out the process of learning. In learning is defined as part of learning, which can be seen in three domains namely cognitive, affective and psychomotor. This research aims to empirically test the influence of cognitive load and achievement emotion on learning motivation by online methods in junior high school students. The research subjects of 410 junior high school students from two schools in Yogyakarta. This research is a non-experimental quantitative study with online survey methods. The measuring instruments use are the learning motivation scale, the cognitive load scale, and the achievement emotion scale. The study used multiple linear regression analyses. The results showed that cognitive load and achievement emotion are significantly able to influence learning motivation with online methods is 65% with a significance score of 0.000 (p<0.05).
Kata Kunci : cognitive load, emosi akademik, metode daring, motivasi belajar, siswa sekolah menengah pertama, achievement emotion, junior high school students, learning motivation, online method