Laporkan Masalah

IDENTIFIKASI KEUNGGULAN KOMPETITIF BERKELANJUTAN THE HOUSE OF RAMINTEN: APLIKASI PERSPEKTIF BERBASIS SUMBER DAYA

DINNO BUDI LAKSONO, T. Hani Handoko., Dr., M.B.A.,

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki potensi sumber daya pariwisata yang menjadi daya tarik bagi turis baik domestik maupun internasional. Hal ini didukung dengan data yang menunjukkan adanya pertumbuhan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta tahun 2013 hingga 2017. Dengan perkembangan infrastruktur untuk kemajuan pariwisata dan pertumbuhan tingkat pengunjung ke Jogjakarta akan menjadi peluang yang baik bagi pengusaha yang bergerak di bidang kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian tentang bagaimana the House of Raminten mengelola aktivitas penting yang terdapat di sepanjang rantai nilai. Dengan analisis rantai nilai maka akan dapat di identifikasikan aktivitas-aktivitas apa yang menjadi kekuatan dan keunggulan kompetitif berkelanjutan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat 6 sumber daya dan kapabilitas yang merupakan keunggulan biaya dan 9 sumber daya yang merupakan keunikan. Keunggulan kompetitif berkelanjutan ini menjadi dasar penerapan strategi differensiasi yang terorganisasi dan terintegrasi untuk memberikan nilai tambah kepada konsumen.

Yogyakarta special province has potential tourism resources that attract both domestic and international tourists. This is supported by data showing growth in tourist visits to Yogyakarta from 2013 to 2017. With the development infrastructure for the advancement of tourism and the growth in visitor levels to Yogyakarta, it will be a good opportunity for entrepreneurs engaged in the culinary field. This study aims to conduct a study on how the The House of Raminten manages important activities along the chain. With value chain analysis, it will be able to identify what activities are the strengths and sustainable competitive advantages. The results of this study found that there are 6 resources and capabilities which is cost advantage and 9 resources which are uniqueness. This sustainable competitive advantage is the basis for implementing an organized differentiation strategy to provide added value to consumers.

Kata Kunci : Pendekatan berbasis sumber daya, rantai nilai, sumber daya dan kapabilitas, keunggulan bersaing berkelanjutan.

  1. ABSTRACT.pdf  
  2. BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. S2-2021-421727-abstract.pdf  
  4. S2-2021-421727-Bibliography.pdf  
  5. S2-2021-421727-tableofcontent.pdf  
  6. S2-2021-421727-title.pdf  
  7. TABLEOFCONTENT.pdf  
  8. TITLE.pdf