Laporkan Masalah

PEMBUATAN VIDEO ANIMASI PENDEK 2D PROFIL BIDANG USAHA NORTHSKY STUDIO

JEVRI KUSUMADIHARTO, Imam Fahrurrozi

2020 | Tugas Akhir | D3 Komputer dan Sistem Informasi

Northsky studio adalah sebuah usaha layanan jasa desain interior dan arsitektur. Layanan yang ditawarkan antara lain adalah desain interior, konsultasi desain, dan 3D rendering. Usaha ini merupakan usaha perseorangan berbasis online. Dalam kemajuan teknologi dan social media di era modern ini, dibutuhkan strategi dan teknik penjualan yang modern juga. Hal tersebut dibutuhkan agar suatu usaha dapat bersaing dengan usaha-usaha lainnya yang sejenis dan memiliki target pasar yang mirip agar tidak kalah saing dan tertinggal. Diperlukan media untuk menyampaikan informasi dan mempromosikan Northsky Studio agar masyarakat lebih tertarik untuk menggunakan jasanya. Serta memperluas target pasar untuk menambah klien klien baru. Salah satu bentuk video profil yang dibuat adalah dalam bentuk animasi 2 dimensi. Dengan hal tersebut, diharapkan masyarakat yang menonton akan mudah mencerna dan memahami isi video dan tertarik untuk menggunakan jasa bidang usaha ini. Selain itu, media promosi dengan video profile akan lebih mudah dan cepat penyebarnnya di era sosial media ini. Dalam pembuata video profil ini, seluruh aset animasi 2D ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak Adobe Illustrator 2019 dan Adobe After Effects 2019 serta melalui berbagai macam tahapan pra produksi yang berupa pengembangan ide dan StoryBoard, tahap produksi yang berupa pembuatan Objek, pewarnaan Objek, Animating Objek, Backsound Animasi, dan Editing. Hasil dari pembuatan tugas akhir ini adalah terbuatnya video profil bidang usaha Northsky Studio berbentuk animasi 2D. Dalam penyusunan tugas akhir ini telah berhasil membuat video animasi 2D profil bidang usaha Northsky Studio dengan tampilan visual yang baik. Selain itu dalam video ini telah berhasil menggabungkan animasi motion graphic yang sesuai dengan penyampaian informasi pada setiap scenenya. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, maka diharapkan akan menambah dan memperluas target pasar dari bidang usaha Northsky Studio ini.

Northsky studio is an architectural and interior design services business. The services offered include interior design, consulting design, and 3D rendering. This business is an online-based individual business. In this modern era, it needs a good strategi and a modern sales technic also. Its needed in order to compete with other bussiness in the same marketplace. The media is needed to convey information about Northsky Studio in the form of a company profile video, so that the public knows information about interior design services offered by Northsky Studio. In the company profile video is presented with a 2D animated video visualization as a medium in informing an interior design service so that it has an appeal and convinces the public about the company's credibility.This 2D animation was created using Adobe Illustrator 2019 and Adobe After Effects 2019 software and through various pre-production stages in the form of idea and StoryBoard development, production stages in the form of creating Objects, Object coloring, Object Animating, Narration Merging, Backsound Animation, and Editing. The results of this study are a form of Company Profile video that can be watched to provide information about interior design services and how to use their services. In writing this final project has succeeded in making 2D animation video of Northsky Studio company profile with appropriate visual appearance. Also in this video has succeeded in combining motion graphic animation in accordance with the conveying information on each scene. From the result of the test, we hope it can increase the marketplace of Northsky Studio.

Kata Kunci : Multimedia, Animasi 2D, Profil perusahaan, Northsky Studio, Multimedia, 2D Animation, Company Profile, Northsky Studio

  1. D3-2020-380432-abstract.pdf  
  2. D3-2020-380432-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-380432-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-380432-title.pdf  
  5. D3-2021-380432-abstract.pdf  
  6. D3-2021-380432-bibliography.pdf  
  7. D3-2021-380432-tableofcontent.pdf  
  8. D3-2021-380432-title.pdf