Laporkan Masalah

EVALUASI PENGENDALIAN INTERNAL PEMBERIAN KREDIT BERDASARKAN PENDEKATAN COMMITTEE OF SPONSORING ORGANIZATIONS OF THE TREADWAY COMMISSION (COSO) (Studi Kasus di PT BPR Mutiara Pesisir)

IRSYAD MULIAWAN, Dra. Sumirah, M.Si. ; Nabella Duta Nusa, SE., M.Acc., Ak., CA., CPA. ; Rizky Wulandari, SE., M.Acc., CFrA.

2021 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

PT BPR Mutiara Pesisir merupakan bank perkreditan rakyat di Kecamatan Tanjung Mutiara yang memberikan saluran kredit kepada masyarakat.Untuk mencapai tujuan perusahaan agar kredit dapat tersalurkan dengan baik dan terukur, pengendalian internal perlu diaplikasikan dengan baik sebagai dasar tindak lanjut penerimaan kredit dan sikap preventif dari risiko kredit. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian internal dalam pemberian kredit yang dilaksanakan oleh PT BPR Mutiara Pesisir. Data penelitian ini diperoleh dari dokumentasi dan hasil wawancara langsung dengan pihak yang bersangkutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengendalian internal dalam pemberian kredit berdasarkan pendekatan COSO yang ada pada PT BPR Mutiara Pesisir telah diterapkan dengan sangat memadai, namun masih perlu peningkatan pada komponen akitivitas pengendalian.

PT BPR Mutiara Pesisir is a rural bank in Tanjung Mutiara District that provides credit channels to the public. To achieve the company's goals so that credit can be channeled properly and measured, internal control needs to be applied properly as a basis for follow-up on credit acceptance and preventive attitude from credit risk. This research supports the internal control carried out by PT BPR Mutiara Pesisir. The research data obtained from the documentation and the results of direct interviews with parties obtained. The method used in this research is descriptive qualitative method. The results of the research indicate that the internal control in lending based on COSO approval in PT BPR Mutiara Pesisir have been implemented very adequately, but still need to be improved in the component of control activities.

Kata Kunci : pengendalian internal, pemberian kredit, BPR

  1. D3-2021-396798-abstract.pdf  
  2. D3-2021-396798-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-396798-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-396798-title.pdf