Laporkan Masalah

Peran Income Audit Dalam Pengendalian Internal Pada Transaksi Penjualan Makanan dan Minuman di Prominade Cafe Hotel New Saphir Yogyakarta

SORAYA ANNISALIMA G, Tuti Elfrida, S.Ant., M.A.

2021 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Pengendalian internal merupakan salah satu sistem yang cukup penting yang diterapkan di sebuah perusahaan. Dalam penelitian ini, pengendalian internal dilakukan oleh accounting departement karena yang berperan penting dalam pengendalian internal sebagai pencatatan revenue maupun pengeluaran hotel. Namun, terdapat beberapa hal yang menyebabkan pencatatan hotel tidak berjalan dengan semestinya. Oleh karena itu, hotel harus mampu melaksanakan pengendalian internal untuk mengurangi kesalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kekeliruan ketika memasukkan data, serta solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang diperoleh dari beberapa jenis cara yaitu dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih adanya kesalahan dan kekeliruan yang terjadi ketika memasukan data. Secara umum, kendala yang ditemui yaitu berupa kurangnya komunikasi antardepartemen, dan kurangnya ketelitian pada masing-masing individu yang bertugas. Untuk mengatasi kendala tersebut maka perlu dilakukan pengendalian internal.

Internal control is one of the most important systems implemented in a company. In this study, internal control is carried out by the accounting department because it plays an important role in internal control as recording hotel revenue and expenses. However, there are several things that cause hotel listing to not work properly. Therefore, hotels must be able to implement internal controls to reduce errors. This study aims to determine the factors that cause errors when input data, as well as solutions to overcome these obstacles. The research method used in this research is a qualitative method, which is obtained from several types of methods, namely by collecting data through observation, interviews and literature study. The results showed that there were still errors and mistakes that occurred when input data. In general, the obstacles encountered were in the form of a lack of communication between departments and a lack of accuracy for each individual was on duty. To overcome these obstacles, it is necessary to carry out internal controls.

Kata Kunci : pengendalian internal; accounting departement; pencatatan; revenue; kendala.

  1. D3-2021-401224-abstract.pdf  
  2. D3-2021-401224-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-401224-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-401224-title.pdf