Laporkan Masalah

Analisa Kegagalan Material Karakterisasi dan Peningkatan Sifat Mekanik Pegas Daun dengan Perlakuan Panas

MUHAMMAD NUR RIZKI, Budi Basuki S.T, M.Eng.

2021 | Tugas Akhir | D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PERAWATAN ALAT BERAT

Pegas daun adalah komponen yang bekerja pada bagian suspensi kendaraan salah satunya di headtruck container yang berfungsi untuk meredam energi dari pembebanan mendadak. Pegas daun headtruck container menggunakan material baja karbon sedang. Pengembangan kualitas material untuk meningkatan ketangguhan material sangat dibutuhkan, Umur atau masa pemakaian akan semakin bertambah. Penulis melakukkan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sifat mekanik material pegas daun agar didapatkan material pegas daun yang memilikki sifat mekanik yang lebih baik. Perlakuan panas yang dilakukkan adalah austenisasi 8000C ditahan selama 1 jam dan diberi 2 variasi pendinginan. Material yang telah diberi perlakuan panas diuji struktur mikro untuk mengetahui struktur mikro yang terbentuk, uji kekerasan dengan metode vickers dan uji tarik untuk mengetahui tingkat kekerasan dan keuletan material. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Material pegas daun headtruck container dari pengujian komposisi kimia tidak sesuai dengan standar ideal material pegas daun. Struktur mikro yang terbentuk bainit,mikro martensit,pearlite dan sementit. Harga kekerasan yang tertinggi terdapat pada material yang diberi perlakuan quenching tempering dengan nilai 548 VHN. Hasil uji tarik didapatkan nilai kekuatan tarik maksimum yang paling tinggi oleh spesimen uji yang diberi perlakuan quenching temper. Nilai yang didapatkan untuk regangan yang paling tinggi oleh spesimen uji yang diberi perlakuan normalizing. Nilai yang didapatkan untuk modulus elastisitas yang paling rendah oleh spesimen uji yang diberi perlakuan normalizing.

Leaf spring is a component that works on the vehicle suspension, one of which is in the headtruck container which functions to reduce energy from sudden loading. Leaf spring headtruck container made from medium carbon steel material. The development of material quality to increase in the toughness of the material is needed, the life or service life will increase. The author conducted this research aimed at improving the mechanical properties of the leaf spring material in order to obtain a leaf spring material that has better mechanical properties. Heat treatment austenisation at 8000C held for 1 hour and given 2 cooling variations. Materials that have been heat treated are tested for microstructure to determine the microstructure formed, hardness test using the Vickers method and tensile test to determine the level of hardness and ductility of the material. The results of this study indicate that the headtruck container leaf spring material from chemical composition testing is not in accordance with the ideal standard of leaf spring material. The microstructure formed by bainite, micro martensite, pearlite and cementite. The highest hardness value is found in the material that is given treatment quenching tempering with a value of 548 VHN. The tensile test results obtained the highest maximum tensile strength value by the test specimens treated with quenching temper. The value obtained for the strain was highest by the test specimens that were treated with normalizing. The value obtained for the modulus of elasticity is lowest by the test specimens treated with normalizing.

Kata Kunci : Pegas daun,Baja karbon sedang,Sifat Mekanik,Perlakuan Panas

  1. D4-2021-356070-Abstract.pdf  
  2. D4-2021-356070-Bibliography.pdf  
  3. D4-2021-356070-Tableofcontent.pdf  
  4. D4-2021-356070-Title.pdf