Laporkan Masalah

PERSEPSI LULUSAN PROGRAM STUDI SARJANA AKUNTANSI FEB UGM TERHADAP KOMPETENSI DIGITAL YANG DIBUTUHKAN DAN DIMILIKI OLEH AKUNTAN MANAJEMEN PADA ENTRY-LEVEL

ANINDYA PRASETYO P, Didi Achjari, Prof. Dr., M.Com., Ak., CA.

2021 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Perkembangan teknologi mendorong perubahan bisnis dan kebutuhan kompetensi pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi digital yang dibutuhkan dalam menunjang karir pada profesi akuntan manajemen di tingkat awal (entry-level) dan ketersediaan kompetensi digital pada lulusan sarjana akuntansi FEB UGM. Penelitian ini menggunakan metode wawancara terstruktur dengan instrumen kuesioner tertutup dan terbuka yang disebar secara daring ke alumni program sarjana jurusan akuntansi FEB UGM dengan periode wisuda Januari 2017 sampai dengan Februari 2020 dan bekerja sebagai akuntan manajemen. Lulusan diminta untuk melakukan evaluasi mandiri atas 18 komponen kompetensi digital yang terbagi dalam 5 atribut kompetensi. Penelitian ini menyajikan peringkat kebutuhan kompetensi digital pada profesi akuntan manajemen tingkat awal berdasarkan urgensi setiap komponen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lulusan memberi estimasi nilai yang lebih tinggi pada kompetensi digital yang dibutuhkan daripada evaluasi mandiri atas kepemilikan/penguasaan kompetensi digital tersebut. Meskipun demikian, lulusan merasa bahwa bentuk pembelajaran pada mata kuliah konsentrasi sistem informasi akuntansi telah membantu penguasaan/pengembangan kompetensi digital alumni dan bermanfaat dalam menunjang karir mereka sebagai akuntan manajemen entry-level.

Technological developments drive changes in business and the need for employee competencies. This study aims to identify digital competencies needed to support careers in the entry-level management accountant and possessed digital competencies in accounting graduates of FEB UGM. This study used a structured interview method with a closed and open questionnaire instrument distributed online to alumni of the undergraduate accounting program at FEB UGM with the graduation period January 2017 to February 2020 and worked as a management accountant. Graduates are asked to carry out independent evaluations of 18 digital competency components which are divided into 5 competency attributes. This study presents a ranking of digital competency needs in the entry-level management accountant profession based on the urgency of each component. The results of this study indicate that graduates attribute a higher level of importance than an independent evaluation of possessed digital competencies. However, graduates feel that the learning program in the accounting information systems concentration course had helped the development of graduates digital competencies and is useful in supporting their careers as entry-level management accountants

Kata Kunci : Kompetensi digital, akuntan manajemen, lulusan sarjana akuntansi, kebutuhan kompetensi

  1. S1-2020-395613-abstract.pdf  
  2. S1-2020-395613-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-395613-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-395613-title.pdf  
  5. S1-2021-395613-abstract.pdf  
  6. S1-2021-395613-bibliography.pdf  
  7. S1-2021-395613-tableofcontent.pdf  
  8. S1-2021-395613-title.pdf